Yang Tersisa dari Kejuaraan Catur Nasional Piala Raja 3 Yogyakarta


Pecatur yunior berbakat dari Jawa Timur Moh. Ervan MP keluar sebagai juara pertama kategori umum pada Kejuaraan Catur Nasional Piala Raja 3 Yogyakarta, yang diselenggarakan di GOR Amongrogo Yogyakarta pada tanggal 29 Des 2011 s/d 1 Jan 2012. Moh. Ervan MP tampil memukau dengan mengungguli pecatur-pecatur senior, diantaranya adalah GM H Ardiansyah, GM Herman Suradiredja, MI Salor Sitanggang, MI Nasib Ginting, MF Anjas Novita, MF Awam Wahono,  dan MF Hamdani Rudin. Dengan mengumpulkan 8 point dari 9 babak yang dipertandingkan, Moh. Ervan MP mengungguli MI Nasib Ginting (8) dan MN Ahmad Bahtiar (7,5) yang harus puas duduk di posisi 2 dan 3.

Di kelompok yunior putra (KU16 tahun), keluar sebagai juara pertama adalah Roid Attakatsur MP (Percasi Bantul) dengan point 7,5 dari 8 babak. Keluar sebagai juara 2 s/d 10 adalah 2. Gayuh Satrio (DIY), 3. Rizky Adiaksa (Jatim), 4. Teduh Sukma W (Jateng), 5. Bintang Lazuardi (DIY), 6. Sabilah Rosyad (Papua), 7. Sefrian Rizki Bintoro (Jabar), 8. Robby Katana (Jateng), 9. Ima`ul Ghozi (Jatim), dan 10. Surya Setiawan (Jabar).

Khusus untuk kelompok yunior putra, selain Sefrian Rizki Bintoro yang berhasil masuk 10 besar, pecatur Kota Bandung yang berhasil masuk 20 besar dan membawa hadiah pembinaan adalah Naufal Dzaki (peringkat 12) dan Arifa R Syaputra (peringkat 16).

Untuk Kelompok 16 tahun Putri, juara 1 s/d 10 berturut-turut adalah: 1. Tiara Nugraeni (Jatim), 2. Maya Audia (Bali), 3. Indira Nursyamsyia (Jatim), 4. Parahitha Millyeana (Kota-DIY), 5. Maria Leonids (Jateng), 6. Lovita Adiati (Jatim), 7. Linda Nurwahyuni (Sleman-DIY), 8. Zahra Chumaira AH (Jateng), 9. Astiti Fatikhah (Jatim), dan 10. Lintang Wulandari, MP (Gunungkidul-DIY).

Walaupun belum dapat menggambarkan peta kekuatan catur nasional yang sesungguhnya, namun hasil Kejuaraan Catur Nasional Piala Raja ke-3 ini memperlihatkan bahwa Percasi Jatim siap mengambil alih peta kekuatan catur nasional. Dengan banyaknya pecatur yunior berbakat yang dimiliki oleh Jatim dan pembinaan yang dilakukan secara kontinyu telah menaikkan catur Jatim ke level yang tinggi. Tidak mengherankan apabila di PON 2012 nanti, Jatim keluar sebagai juara umum untuk Cabor Catur. Kebangkitan yang perlu dicermati oleh Pengda Percasi lainnya.

Hasil lengkap Kejuaraan Piala Raja 3 dapat dilihat di http://www.chess-results.com

SENIOR/OPEN & YUNIOR DI ATAS 16 TAHUN
http://chess-results.com/tnr63146.aspx?art=4&lan=1&fed=INA

KU16 PUTRA
http://chess-results.com/tnr63147.aspx?art=4&lan=1&fed=INA

KU16 PUTRI
http://chess-results.com/tnr63148.aspx?art=4&lan=1&fed=INA

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

2 Responses to Yang Tersisa dari Kejuaraan Catur Nasional Piala Raja 3 Yogyakarta

  1. melihat langsung kiprah pecatur cilik Jatim di Piala Raja 3, mrmang patut diacungi jempol. semangat mereka dalam bertanding luar biasa. daerah lain perlu mencontoh Jatim dalam pembinaan para pecatur yuniornya.

    • agungh says:

      Jatim memang luar biasa ya Pak. Sejak menjadi Tuan Tumah Kejurnas Catur 2007, Jatim terus berbenah dan sekarang mulai memperlihatkan hasilnya. Dukungan yang begitu besar dari Percasi Jatim di setiap turnamen yang diikuti para atletnya, telah membangkitkan semangat bertanding yang luar biasa bagi para atletnya. Terus terang, hal ini membuat iri atlet lain. Jangankan dukungan di turnamen, sekedar berbagi informasi dan komunikasi saja tidak pernah ada (khususnya di Pengda kami). Pecatur DIY juga banyak yang potensial, mudah-mudahan banyak pecatur DIY yang terus bersinar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: