PB PERCASI Meluncurkan Program Makanan Tambahan (PMT) untuk Tingkatkan Ketahanan Fisik Atler Catur Yunior Potensial


PB PERCASI LUNCURKAN PROGRAM MAKANAN TAMBAHAN (PMT) TINGKATKAN KETAHANAN FISIK ATLET CATUR YUNIOR BERPOTENSI
created on Sunday, 08 January 2012 18:29:16 by HenryHendratno

Jakarta, — Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI)   meresmikan Program Makanan Tambahan (PMT) dalam bentuk pemberian susu dan kacang hijau bagi pecatur dibawah usia 16 tahun. Kegiatan ini merupakan wujud tekad PB PERCASI mau melakukan segala sesuatu lebih baik dari waktu ke waktu, salah satunya dengan memberi perhatian pada faktor kecukupan gizi untuk mencapai  ketahan fisik dan stamina para atlet catur – khususnya atlet catur junior.


“Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam olahraga catur, karena catur lebih menekankan daya kerja otak dan daya pikir bukan postur tubuh,” kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB PERCASI, dalam kesempatan mengumumkan PMT bersamaan dengan pembukaan acara Pra PON Putri & Play off Putra di Jakarta (19/12). “Akan tetapi kenyataan menunjukkan bahwa otak dan daya pikir yang baik, tanpa ketahanan fisik, kekuatan jasmani, dan mental, tidak akan menghasilkan prestasi yang baik. Karena bagaimana mungkin seorang pecatur bisa tetap konsentrasi dan bertahan untuk jangka waktu lama kalau fisik dan staminanya lemah,” katanya lebih lanjut.


Dalam konteks itu, PB PERCASI mencanangkan Program Makanan Tambahan yang akan disalurkan melalui Pengurus PERCASI Tingkat Provinsi dengan memenuhi persyaratan yang akan ditentukan kemudian. Sasaran dari program ini adalah para pecatur yunior dari kelompok U 8, U 10, U 14 – 16 baik  putra dan putri, yang memiliki potensi serta terdaftar pada organisasi maupun klub catur baik Pusat maupun Daerah. “Semua PengProv PERCASI dipersilahkan mengajukan nama-nama pecatur yunior dibawah usia 16 tahun asuhannya yang memiliki potensi untuk berprestasi,” jelas  Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PERCASI.  Memang maksud dari bantuan PMT berupa susu dan kacang hijau kepada para pecatur yunior merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh PB PERCASI untuk menguatkan kualitas olahragawan catur yunior. “Dengan proses pembinaan gizi seimbang sejak usia dini disertai program latihan yang tepat akan membuat pecatur yunior mempunyai kemampuan dalam meraih prestasi yang optimal,” jelas Kris.


Pengaturan bantuan diberikan dalam bentuk natura yang diberikan setelah dilengkapinya seluruh ketentuan persyaratan.
Untuk melakukan proses penilaian dan evaluasi terhadap kegiatan PMT yang diajukan dan kemudian dilaksanakan oleh Pengprov PERCASI sebagai  penerima program PMT, PB PERCASI akan membentuk  Tim Kerja PMT  yang akan ditetapkan dan  bertanggung-jawab langsung kepada Ketua Umum untuk mengelola program ini.


“Harapan PB PERCASI, Program Makanan Tambahan menjadi sebuah terobosan baru untuk mendorong semua pihak mulai memperhatikan, sejak dini, bibit pecatur yunior Indonesia dengan ketahanan fisik dan stamina yang baik menuju prestasi yang lebih baik di tingkat dunia,” kata Hashim, menutup sambutannya.

 

Foto oleh Henry Hendratno

Teks oleh Tim HUMAS & MEDIA-PROMOSI PB PERCASI

Sumber: http://www.inachess.com

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: