Sisi Lain Gelaran Seleknas Catur Junior “Perang Bintang – Best of The Best”


Sejak tanggal 15 Pebruari hingga 22 Pebruari 2012 yang lalu, PB PERCASI menggelar Seleknas Catur Junior Tahap I yang diberi tajuk Perang Bintang Best of The Best. Kegiatan ini mempertandingkan juara-juara catur yunior Indonesia yang bertujuan untuk menjaring atlet-atlet catur junior berbakat, yang kemudian akan digodok menjadi The Dream Team Catur Yunior Indonesia.

Perhelatan ini terbilang sukses, karena seluruh pecatur yunior yang diundang hadir dalam seleksi nasional ini. Total terdapat 32 pecatur yunior putra dan 35 pecatur yunior putri, dari usia 8 hingga 20 tahun, hadir untuk memenuhi undangan PB PERCASI ini. Setelah bertarung selama 5 hari dan menyelesaikan 9 babak pertandingan, keluar sebagai juara pertama adalah Sean Winshand Cuhendi, MP (kelompok putra) dan Yemi Jelsen, WNM (kelompok putri).

Dibalik suksesnya perhelatan seleknas catur yunior tahap I, terdapat beberapa kebijakan PB PERCASI yang patut dipertanyakan, khususnya dalam pemilihan atlet yang mendapat wildcard. Patut dipertanyakan karena tidak ada kriteria yang jelas yang digunakan oleh PB PERCASI untuk menentukan atlet yang layak mendapat wildcard. Memang merupakan hak PB PERCASI untuk menentukan siapa saja atlet yang mendapat wildcard. Namun demikian, melihat nama-nama atlet yang mendapatkan wildcard, muncul pertanyaan: apa kriteria yang menjadi dasar PB PERCASI memilih atlet-atlet tersebut. Beberapa nama atlet yang mendapat wildcard sepertinya belum menunjukkan prestasi yang menonjol di tahun 2011, walaupun mereka adalah pecatur yunior berbakat dan mungkin di tahun-tahun sebelumnya pernah menunjukkan prestasi (nasional/internasional). Jika ini yang dijadikan kriteria, masih banyak pecatur yunior berbakat lainnya yang layak mendapat wildcard. Hal ini dapat membuat kesan PB PERCASI pilih kasih dan tentu dapat menebarkan kecemburuan bagi atlet yunior lain-nya. Mudah-mudahan ini bukan karena PB PERCASI pilih kasih atau karena adanya kedekatan dengan pengurus, tetapi pilihan ini memang karena atlet-atlet yang bersangkutan patut mendapatkan wildcard karena sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Hal lain yang patut disayangkan adalah masih banyaknya penonton/official yang diperbolehkan masuk dan mendekati tempat pertandingan. Penonton/official yang mendekati tempat pertandingan memang sudah menjadi kebiasaan dan sudah dianggap sebagai suatu hal yang wajar di Indonesia. Sangat jauh berbeda jika kita melihat pertandingan di level internasional. Jika ini memang serius seleknas, sudah sewajarnya jika pertandingan dilaksanakan menggunakan sistem internasional dan tempat pertandingan-pun steril dari penonton/official. Penonton/official yang diperbolehkan, selain dapat mengganggu konsentrasi pemain, juga dapat mengurangi sportivitas permainan. Hal ini juga barangkali yang menyebabkan banyak pemain Indonesia yang kurang bersinar ketika bertanding di level internasional.

Banyak hal-hal sepele yang mestinya juga turut menjadi perhatian PB PERCASI. Semangat olahraga adalah sportivitas. Olahraga bukan hanya menang-kalah, tetapi juga harus menjaga sportivitas dan mentalitas. Kemenangan memang dicari, masuk Timnas adalah kebanggan, tetapi harus dicapai dengan mental dan cara-cara yang sportif. Jika dunia olahraga sudah dirasuki dengan hal-hal yang berbau politik, apa kata dunia?

Meskipun demikian, langkah PB PERCASI ini patut mendapat acungan jempol. Seleknas catur yunior ini merupakan wujud nyata apresiasi PB PERCASI kepada atlet-atle yunior Indonesia dan langkah maju PB PERCASI untuk membentuk The Dream Team Catur Yunior Indonesia. Mudah-mudahan semakin banyak lagi langkah-langkah nyata yang dilakukan oleh pengurus PB PERCASI, baik pusat maupun daerah, untuk mengembangkan bakat-bakat catur atlet yunior Indonesia. Tidak ada kata terlambat demi kemajuan catur Indonesia. Atlet adalah aset bangsa, bukan hanya aset keluarga.

Catur Yes, Indonesia Jaya!

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: