3 ALASAN Mengapa Magnus Carlsen Akan Menjadi Juara Dunia


Chess.com Deathmatch!

Perebutan juara catur dunia akan dilaksanana dalam gelaran FIDE World Chess Championship 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 28 Nopember bertempat di Hotel Hyatt Regency di kota Chennai India. FIDE World Chess Championship akan mempertemukan Juara Bertahan GM Viswanathan Anand dari India dan Penantang Peringkat 1, sekaligus pecatur rangking 1 dunia, GM Magnus Carlsen dari Norwegia. Opening ceremony akan dilaksanakan hari ini pukul 13.00 IST (kurang lebih pukul 14.30 WIB).

Baik Viswanathan Anand maupun Magnus Carlsen sama-sama yakin akan mampu mengalahkan lawan-nya dan tampil sebagai Juara Dunia FIDE. Kedua pecatur tentunya memiliki alasan masing-masing. Berikut ini 3 alasan yang disampaikan oleh GM Jon Ludvig Hammer (tim sukses Carlsen) seputar keyakinan-nya bahwa Carlsen akan merebut Juara Dunia dari Anand:

#1: Carlsen adalah Pecatur yang sangat Kuat

Magnus Carlsen merupakan pecatur peringkat pertama FIDE  dengan elo rating yang sangat tinggi (2870). Ini bukanlah suatu kebetulan. Hampir tidak ada pecatur yang lebih baik dalam merasakan setiap permainan – dimana harus menempatkan buah-buah catur, kapan harus fight untuk inisiatif (menekan), kapan harus bertahan, bagaimana mengatur atau menciptakan berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan masalah bagi lawan. Dalam beberapa turnamen terakhir, Carlsen belum pernah menempati posisi di bawah runner-up. Ini menandakan kualitas dan kemampuan Carlsen!

#2: Keyakinan dan Motivasi

Bukan hanya seorang pecatur besar – Carlsen juga tahu – ia juga memiliki keyakinan bahwa ia lebih baik. “Saya sangat yakin akan memenangkan pertarungan ini jika saya dapat menampilkan permainan terbaik saya” kata Carlsen kepada Majalah Norwegia VG. Sepanjang tahun Carlsen memotivasi keinginannya untuk menantang dan mengalahkan Anand. Tentu saja sulit mengalahkan Anand, tetapi Carlsen menginginkan title Juara Dunia melebihi apapun. Determinasi Carlsen adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

#3: Latihan Fisik

Carlsen berada dalam kondisi yang sangat baik. Sepakbola, tennis, voli pantai, dan yoga – adalah kegiatan yang dilakukan Carlsen untuk mempersiapkan staminanya. Fisik dan stamina yang prima merupakan syarat penting dalam sebuah pertandingan dwi tarung. Carlsen akan mencoba mengikuti permainan Anand dan berusaha memanfaatkan kesalahan Anand dalam pertarungan yang panjang. Carlsen memiliki kebiasaan memanfaatkan kesalahan sekecil apapun untuk meraih kemenangan dan ini terbukti sangat menentukan. Merupakan tantangan bagi Carlsen untuk dapat mengalahkan Anand di “rumahnya”. Namun dalam pertarungan yang panjang, dengan stamina dan kemampuan-nya, saya yakin FIDE akan memiliki Juara Dunia baru dari Norwegia di Bulan Desember.

phpPIXyw7.jpeg

Magnus Carlsen dan Jon Ludvig Hammer

Next: 3 ALASAN Mengapa Viswanathan Anand Akan Mempertahankan Title Juara Dunia

Disadur dari http://www.chess.com/news/3-reasons-why-magnus-carlsen-will-become-world-champion-2014 (GM SultanOfKings)

Situs resmi FWCC: http://chennai2013.fide.com/

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: