3 ALASAN Mengapa Viswanathan Anand Akan Mempertahankan Title Juara Dunia


Chess.com Deathmatch!

Perebutan juara catur dunia akan dilaksanana dalam gelaran FIDE World Chess Championship 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 28 Nopember bertempat di Hotel Hyatt Regency di kota Chennai India. FIDE World Chess Championship akan mempertemukan Juara Bertahan GM Viswanathan Anand dari India dan Penantang Peringkat 1, sekaligus pecatur rangking 1 dunia, GM Magnus Carlsen dari Norwegia. Opening ceremony akan dilaksanakan hari ini pukul 13.00 IST (kurang lebih pukul 14.30 WIB).

Baik Viswanathan Anand maupun Magnus Carlsen sama-sama yakin akan mampu mengalahkan lawan-nya dan tampil sebagai Juara Dunia FIDE. Kedua pecatur tentunya memiliki alasan masing-masing. Berikut ini 3 alasan yang disampaikan oleh GM Parimarjan Negi seputar keyakinan-nya bahwa Anand akan mempertahankan title Juara Dunia-nya:

#1: Ini bukanlah Anand seperti yang Anda biasa lihat (dan bosan)

Beberapa orang yang berpendapat bahwa Vishy (Anand) tua, seorang pecatur yang tajam dan penuh dengan taktik, telah hilang ditelan waktu, mungkin terlalu dini untuk berasumsi! Memang benar bahwa dari dua pertandingan terakhir di Madras Tiger mengindikasikan bahwa Vishy kurang agresif, tetapi lebih solid dan kadang-kadang membosankan. Tapi hal inilah yang dibutuhkan untuk menang melawan Topalov dan Gelfand.

Sekarang saatnya tantangan baru, dan sangat jelas bahwa dalam pertarungan stamina yang panjang, Magnus Carlsen memiliki peluang menjadi Juara Dunia. Maka Vishy berupaya sungguh-sungguh untuk mengembalikan gaya permainannya ke gaya yang sangat konfrontatif dan bermata dua. Tidak melihat? Itu mungkin karena upaya Vishy mereplika dirinya awal tahun ini, sesekali dibayangi oleh blunder. Tetapi semua yang baru telah disiapkan untuk menghadapi pertarungan di Chennai dan Vishy mempunyai cukup waktu untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dari permainannya. Jauh lebih bugar – ia dilaporkan telah kehilangan sekitar 13 pounds – dan Vishy siap untuk bermain seperti orang muda!

#2: Tim

Vishy telah mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia ini di kota kecil Bad Soden (Jerman) – dengan bantuan pendukungnya, penasihat dan teman-temannya. Meskipun beberapa pendukungnya sebagian sudah keluar dari tim, mereka masih menjadi bagian dari mesin keberhasilan Vishy. Para pendukungnya jelas percaya kepadanya dan bersedia untuk bekerja ekstra selama pertandingan untuk menyediakan opening yang terbaik. Jangan pernah meremehkan peran dalam sebuah sistem, dimanapun berada! Selain memberikan manfaat teori, juga dapat memberikan kenyamanan secara psikologis.

Di sisi lain, Carlsen dikenal lebih suka mempersiapkan diri sendiri dan dengan persiapan yang ekstrim dia berhasil mengendalikan lawan-lawannya. Tetapi persiapan untuk pertandingan besar sangat berbeda dengan persiapan untuk turnamen.

#3: Pertaruhan

Dalam pertarungan level atas seperti ini, jelas bahwa kedua pihak sangat termotivasi dan siap untuk memberikan yang terbaik. Namun, siapa yang dapat memberikan dorongan ekstra yang mungkin dapat mengubah hasil akhir? Bagi Vishy, kekalahan dalam pertarungan ini akan seperti hukuman mati bagi karirnya dan tidak ada hal apapun yang lebih besar yang dapat menginspirasi juara seperti dia. Di sisi lain, Magnus Carlsen sedang berada di puncak saat ini dan mungkin tidak memiliki motivasi yang sama untuk berhasil.

Masih belum yakin? Jangan lupa tentang Caissa! Dewi catur yang dikenal mengawasi setiap pemain dan seluruh moment saat perayaan kemenangan dalam sebuah turnamen, khususnya saat turnamen London Candidates, Carlsen terlibat dalam hutang.  Mungkin sudah saatnya untuk mengatur keseimbangan-nya lagi.
Dan jangan lupa kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan bertaruh untuk Vishy! Waktu untuk membuat uang?

phpRC7pr9.jpeg

GM Parimarjan Negi

Disadur dari http://www.chess.com/news/3-reasons-why-viswanathan-anand-will-defend-his-title-1819 (GM Parimarjan Negi)

Situs resmi FWCC: http://chennai2013.fide.com/

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: