FWCM 2013: Closing Ceremony


Pada hari Senin 25 Nopember 2013 bertempat di Hyatt Regency Hotel Chennai India, telah dilakukan upacara penutupan FIDE World Chess Championship sekaligus secara resmi menobatkan Magnus Carlsen sebagai World Chess Champion. Carlsen hanya perlu 10 ronde untuk mengalahkan juara bertahan Viswanathan Anand dengan skor 6,5-3,5 dalam pertandingan yang direncanakan 12 ronde. Sebagai pemenang, Carlsen menerima hadiah berupa piala emas-perak, medali emas, dan hadiah uang sebesar US $1.582.732/€ 1.169.883 (sekitar Rp18,5 milyar), yang diserahkan oleh Chief Minister of Tamil Nadu Ms J Jayalalithaa dan Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov. Sementara itu, Vishy Anand sebagai juara ke-2 menerima medali perak dan hadiah uang sebesar US $964.028/€ 711.021 (sekitar Rp 11,3 milyar). Upacara penutupan berlangsung secara singkat, hanya sekitar 15 menit, dan dihadiri oleh sekitar 500 hadirin.

Prize giving with Tamil Nadu Chief Minister Ms J Jayalalitha, Kirsan Ilyumzhinov and Magnus Carlsen   Anand's Trophy

What next for Carlsen?

Dalam wawancaranya dengan surat kabar Norwegia Aftenposten, Carlsen mengatakan bahwa ia akan terus aktif mengikuti berbagai turnamen termasuk di dalamnya adalah mempertahankan juara dunia-nya. ” Saya sudah memikirkan apa yang akan saya lakukan di Zurich nanti (Zurich Chess Challenge 29 Jan – 4 Feb 2014) yang belum pernah saya lakukan sebelumnya”. Carlsen juga mengatakan bahwa ia memilik beberapa ide tentang apa yang akan ia lakukan secara berbeda untuk mempersiapkan pertandingan kejuaraan dunia berikutnya.

Carlsen sudah memiliki jadwal yang cukup sibuk pada tahun 2014. Dalam beberapa minggu ke depan Carlsen tentu saja akan disibukkan dengan acara-acara yang telah dibuat para sponsor dan pers. Turnamen pertama yang akan diikuti oleh Carlsen dalam kapasitasnya sebagai juara dunia adalah Zurich Chess Challenge yang akan berlangsung 29 Jan – 4 Feb 2014. Kemudian ada Norway Chess di bulan Juni dan bermain untuk Norwegia di Olimpiade Tromso pada bulan Agustus. Carlsen dijadwalkan mempertahankan juara dunia-nya di bulan Nopember 2014.

Sumber: http://www.theweekinchess.com/chessnews/events/fide-world-chess-championship-anand-carlsen-2013/carlsen-promises-to-continue-to-go-his-own-way-as-he-receives-trophy

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: