Magnus Carlsen: My goal was to play 40-50 good moves in every game


4 Des 2013 – Tidak banyak media massa yang berhasil mewawancarai Magnus Carlsen setelah memastikan diri menjadi juara dunia ke-16. Carlsen merayakan dan menghabiskan waktunya dengan tidur, tidur, dan tidur lagi. Aktvitas yang mungkin tidak bisa dilakukannya secara bebas sebelumnya. Meskipun menyempatkan diri untuk bermain futsal dan basket bersama awak media, namun Carlsen tetap enggan untuk diwawancarai.

Carlsen baru “muncul ke dunia lagi” dan siap diwawancarai oleh media setelah secara resmi dinobatkan sebagai juara dunia (di hari Senin). Henrik Carlsen, ayah Magnus, menunjuk The Hindu sebagai satu-satunya media yang boleh melakukan wawancara dan mempublikasikan berbagai hal terkait FWCM 2013. Berikut ini petikan wawancara Rakesh Rao dari The Hindu (dipublikasikan oleh http://www.chessdom.com tgl 30 Nop 2013), yang dirangkum kembali berdasarkan pemahaman penulis.

***

Rakesh Rao (RR): Biasanya, beberapa hari setelah menjadi juara dunia, pemenang akan menghabiskan banyak waktu untuk membicarakan kemenangannya bersama media. Mengapa Anda melakukan sebaliknya, “bersembunyi” dari media?

Magnus Carlsen (MC): (Saya) sedikit lelah, sedikit lelah dengan peristiwa beberapa hari terakhir. Jika Anda menemukanku kurang kooperatif, mungkin itu adalah salah satu penyebabnya.

RR: Kemenangan Anda, apakah itu lebih mudah daripada perkiraan Anda?

MC: Sepertinya memang lebih mudah daripada yang saya perkirakan di awal. Saya hanya berpikir, jika saya mampu bermain di level tertinggi, Anand tidak akan dapat memenangkan pertandingan. Dan saya berpikir bahwa saya harus dapat menekan dia (Anand) dalam beberapa game dan biasanya dalam satu atau dua game dia akan goyah. Dan dia melakukannya.

DSC_0082

RR: Bagaimana Anda melakukannya ketika banyak yang berpendapat bahwa pengalaman Anand dapat meredam energi Anda dalam pertandingan ini?

MC: Menurutku awal kejuaraan sangatlah penting karena di dua-tiga pertandingan awal saya merasa gugup. Mungkin kurang siap untuk sebuah acara besar. Namun setelah melalui tiga pertandingan, saya pikir saya sudah lebih stabil (tertawa). Saya memilki perasaan terhadap kejuaraan ini. Saya pikir pengalaman bertanding terlalu berlebihan untuk dijadikan sebagai faktor, karena setiap pertandingan memiliki cerita sendiri-sendiri. Anand mungkin telah melakukan banyak pertandingan seperti ini sebelumnya. Namun tidak berarti bahwa segalanya akan sama dengan pertandingan ini.

RR: Apakah Anda merencanakan untuk menekan Anand di area khusus dalam setiap pertandingan?

MC: Tidak ada yang spesial selain bermain 40-50 langkah (baik) dalam setiap pertandingan. Itu adalah target utama saya. Saya harus terus menjaga permainan karena saya berkata kepada diri saya sendiri: Kamu telah bekerja keras sebelum pertandingan. Kamu telah bekerja keras untuk dapat sampai ke sana. Jadi saya berpikir bahwa saya juga harus bekerja keras di atas papan. Jika permainan tidak berada dalam posisi imbang, saya tidak harus setuju untuk berakhir imbang. Permainan saya harus keluar.

Itu benar. Jika Anda ingin memenangkan kejuaraan dunia, Anda harus dapat bermain baik tidak hanya satu atau dua jam, tetapi empat atau lima atau enam…

RR: Berapa banyak waktu yang Anda habiskan (sebagai persiapan) di setiap game selama berlangsungnya kejuaraan?

MC: Saya melakukan apapun mulai dari 2 jam sampai dengan 10-15 menit sebelum pertandingan di setiap game. Hanya mengecek kesiapan. Selain itu, kadang -kadang saya menghabiskan waktu di malam hari jika tidak jelas apa yang saya kerjakan esok karena saya baru akan bertanding di hari berikutnya. Pada dasarnya saya tidak melakukan banyak hal, selama pertandingan, selain bertanding.

RR: Alasan apa yang menyebabkan Anda memutuskan untuk tidak mengungkapkan identitas sekondan Anda bahkan setelah selesai pertandingan? Apakah ini keputusan Anda atau keputusan bersama (tim)?

MC: Itu sepenuhnya keputusan saya. Itulah cara saya memahaminya. Sangat menyenangkan bisa bermain dalam kejuaraan dunia berikutnya (2014). Ini tidak berarti bahwa saya tidak berterimakasih atas kerja keras mereka. Mereka telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Saya pikir sangat baik untuk pertandingan berikutnya tanpa harus mengungkapkan terlalu banyak. (Belakangan diketahui bahwa selain menggunakan program komputer, terdapat 2 GM selain GM Jon Ludvig Hammer yang telah membantu Magnus Carlsen, yaitu GM Ian Nepomniatchi (Rusia) dan GM Laurent Fressinet (Perancis) yang berkomunikasi jarak jauh melalui Skype).

RR: Anda pernah mengatakan bahwa format kejuaraan dunia yang memungkinkan juara dunia hanya bertanding melawan satu penantang tidaklah adil bagi salah satunya. Apa yang dapat Anda katakan sekarang?

MC: Saya memikirkan hal itu. Tetapi saat ini saya hanya ingin menikmati gelar-ku dan kemudian baru berpikir apa yang akan saya lakukan selanjutnya.

RR: Memperhatikan gaya Anda saat bermain, banyak yang tidak sesuai dengan pendahulu Anda. Apakah Anda menganggap diri anda sebagai seorang revolusioer catur saat ini?

MC: Ya, mungkin sedikit. Tetapi saya berpikir itu juga menjadi tren dalam beberapa waktu bahwa orang akan mencoba untuk mendapatkan keuntungan posisi permainan mulai dari pembukaan (opening) daripada (mencari) terlalu banyak keuntungan. Jelas saya memainkan babak tengah dan babak akhir lebih baik dari kebanyakan orang sehingga saya mampu mengambil pendekatan seperti itu.

RR: Pertanyaan terakhir, terkait dengan rasa hormat dan kekaguman Anda terhadap Anand, apa yang dapat Anda sarankan untuk Anand, jika diminta?

MC: Saya tidak tahu apa yang dapat saya katakan untuknya. Sulit untuk memberikan saran. Saran saya hanyalah agar Anand memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Luangkan waktu untuk mendapatkan sesuatu dan kemudian memutuskan apa yang akan dilakukan. Jika ia memutuskan untuk kembali, itu sangatlah baik. Jika tidak, ia memiliki alasan untuk tetap senang dengan yang telah ia miliki.

***

Disadur dari http://www.chessdom.com/magnus-carlsen-my-goal-was-to-play-40-50-good-moves-in-every-game/

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

