Benarkah FM Borislav Ivanov Melakukan Kecurangan?


Kecurangan selalu terjadi di bidang apa saja, tidak terkecuali di bidang olahraga yang notabene mendewakan sportivitas. Penggunaan doping adalah kecurangan yang paling sering dilakukan oleh para atlet untuk mengejar kemenangan. Meski sedikit sulit, olahraga catur juga tidak lepas dari kecurangan-kecurangan yang dilakukan, baik oleh atlet maupun ofisial. Kasus terbaru dugaan kecurangan saat ini menimpa pemain Bulgaria berusia 25 tahun FM Borislav Ivanov (2318). Ivanov dicurigai melakukan berbagai kecurangan di setiap turnamen yang diikutinya mulai akhir tahun 2012, antara lain di Sofia (Bulgaria), Zadar (Kroasia), dan Villava (Spanyol). Daya analisis-nya yang cepat dengan langkah-langkah-nya yang mirip engine catur Houdini menimbulkan kecurigaan banyak pihak.

 

Skandal Ivanov mulai mencuat setelah Ivanov tampil luar biasa dalam The International Zadar Open di Kroasia pada bulan Desember 2012, tepatnya tanggal 16-22 Desember 2012. Ivanov, dengan rating awal 2277, turun dalam kategori Open A yang diperuntukkan bagi pecatur dengan elo rating FIDE minimal 2300.  Diikuti oleh 16 GM dan pecatur-pecatur kuat lainnya, Borislav Ivanov mencatat skor 6.0 point dari 9 babak yang dipertandingkan dan menempati peringkat akhir 4. Ivanov mengalahkan 4 GM dan rating performanya-pun luar biasa, 2697!. Elo rating Ivanov langsung melonjak dan di bulan Januari Ivanov telah memiliki elo rating sebesar 2342.

Perjalanan Rating FM Borislav Ivanov s/d Jan 2013

Peningkatan kemampuan yang luar biasa ini menimbulkan kecurigaan banyak pemain dan mendesak penyelenggara untuk “melucuti” pemain Bulgaria tersebut dari benda-benda yang mencurigakan. Ivanov, yang berprofesi sebagai seorang programer komputer, diminta untuk melepas kemejanya, mengosongkan saku, dan menyerahkan pena untuk pemeriksaan.

Meskipun tidak ada benda-benda mencurigakan yang ditemukan di diri Ivanov, namun terdapat beberapa fakta menarik. Ketika panitia memutuskan untuk menghentikan sementara siaran langsung pertandingan di babak 8, Ivanov mengalami kekalahan. Hal ini menambah kecurigaan bahwa Ivanov telah dibantu oleh pihak lain selama pertandingan disiarkan secara langsung. GM Kroasia Zlako Klaric yakin bahwa Ivanov melakukan kecurangan karena pemain Bulgaria tersebut telah dicurigai di sejumlah kejuaraan di Bulgaria dan Serbia.

“Ivanov adalah seorang programer komputer/catur, yang sejak pertengahan 2011 hingga saat ini rating-nya hanya bertambah 1 poin saja, namun di turnamen Zadar dia mampu menambah 60 poin. Langkah-langkah-nya mirip komputer, ” komentar Klaric. “Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan, ketika pertandingan disiarkan secara langsung, teman Ivanov di ruangan sebelah, dari Sofia, atau bahkan dari Antartika, dapat memberikan petunjuk melalui chip yang dapat ditempatkan di bawah kulit, di telinga, atau di giginya,” tambah Klaric.

Sekitar 2 bulan setelah membuat heboh di Zadar Open, performansi Borislav Ivanov menurun drastis di Turnamen Georgi Tringov Memorial Open di Plovdiv-Bulgaria. Ivanov hanya menempati peringkat ke-88 dengan performansi keseluruhan hanya 1942, dan tidak pernah bertemu dengan lawan yang memiliki gelar (hanya sekali bertemu dengan pecatur yunior bergelar FM dan kalah). Namun Ivanov kembali membuat dunia tercengang setelah tampil “luar biasa” dalam turnamen catur cepat XXIII Memorial Paz De Ziganda J.L Gorostidi Oroigarria di Villava-Spanyol, 16-17 Maret 2013. Ivanov merebut juara dengan poin 8/9, hasil dari 7 kali menang dan 2 kali imbang (4 kemenangan dan 2 hasil imbang diraih dari pecatur bergelar GM), dan rating-performance-nya mencapai 2696! Ivanov kembali tampil baik dan berhasil merebut juara di turnamen catur cepat 2nd “Bogomil Andonov” Memorial di Kuntendil-Bulgaria. Mengumpulkan poin 7,5 dari 9 babak, Ivanov menyisihkan pecatur-pecatur bergelar GM dan IM, yang salah satunya yaitu GM Kiril Georgiev (2657) yang baru saja menjuarai Bulgarian Chess Championship 2013.

Beberapa minggu setelah kemenangannya di Kuntendil, Ivanov kembali tampil fenomenal di 1st Cup “Old Capital” International Open dengan mengumpulkan 8 poin dari 9 babak. Namun Ivanov gagal menjadi juara karena didiskualifikasi dari turnamen oleh penyelenggara akibat 3 kemenangannya diperoleh karena lawan tidak hadir di meja pertandingan alias menang WO (terdapat aturan yang memungkinkan penyelenggara men-diskualifikasi peserta yang memperoleh kemenangan WO lebih dari 2). Beberapa lawannya sengaja tidak mau bermain dengan Ivanov, karena banyaknya dugaan kecurangan yang dilakukannya.

Memang sulit untuk percaya bahwa Borislav Ivanov dapat bermain baik di seluruh turnamen tanpa adanya bantuan dari luar. Beberapa permainannya tampak memiliki kesamaan dengan langkah-langkah yang disarankan oleh engine catur Houdini, sehingga banyak Grandmaster kuat yang telah dikalahkan-nya. Kemenangannya banyak dilakukan melalui langkah-langkah taktis yang sepertinya hanya dapat dihitung oleh komputer. “Ia tidak pernah memperhitungkan langkah dan varisasi-nya” komentar pecatur berbakat Italia IM Axel Rombaldoni.

Dugaan kecurangan yang dilakukan Borislav Ivanov akhirnya membuat Federasi Catur Bulgaria (BCF) menjatuhkan sangsi dan men-diskualifikasi Ivanov dalam jangka waktu 4 bulan. BCF juga akan melakukan penyelidikan dalam periode 9 bulan terakhir. Pertengahan Juni 2013 Federasi Catur Bulgaria (BCF) berinisiatif untuk melakukan tes agar Ivanov berkesempatan membersihkan dirinya. Pada awalnya Ivanov setuju untuk melakukan test tersebut, namun pada akhirnya Ivanov tidak muncul pada waktu yang telah ditentukan. Pengacaranya memberikan alasan bahwa pada saat yang bersamaan Ivanov sedang mengikuti turnamen 7th Varna Open. Padahal seminggu sebelumnya Ketua Penyelenggara 7th Varna Open, Boris Hristov, melalui salah satu wawancara untuk Slavi’s Show telah menyebutkan bahwa Ivanov ditolak dan tidak diperbolehkan mengikuti 7th Varna Open, sesuai dengan sangsi BCF dan karena panitia juga khawatir jika peserta lainnya tidak suka terhadap Ivanov. BCF juga menyatakan bahwa jika larangan 4 bulan ini telah berakhir, maka Ivanov bebas mengikuti turnamen dimanapun ia mau tetapi keputusan akhir boleh-tidaknya Ivanov bermain semata-mata menjadi hak panitia penyelenggara.

Saat ini larangan bermain Ivanov selama 4 bulan telah usai dan Ivanov telah kembali mengikuti turnamen. Namun bukanlah Ivanov kalau tidak menimbulkan sensasi. Dalam turnamen International Grand Blagoevgrad 2013, Ivanov menolak ketika Direktur Turnamen meminta-nya melepas sepatu untuk dilakukan pemeriksaan. Direktur Turnamen curiga terdapat perangkat yang disembunyikan Ivanov di sepatunya, setelah tidak menemukan perangkat apapun di tubuh Ivanov melalui pemeriksaan metal-detector. Karena menolak melepaskan sepatunya, sesuai aturan dalam sebuah turnamen bahwa peserta harus tunduk terhadap peraturan, Ivanov akhirnya dinyatakan kalah di ronde tersebut (r-7). Ketika itu Ivanov berujar bahwa karirnya telah usai. Ivanov berkilah,” Lawan mendesak saya untuk melepas sepatu dan kaus kaki saya, namun saya menolak karena saya tahu mereka tidak akan berhenti di sana. Saya tidak akan berpartisipasi (lagi) dalam turnamen, karena saya tahu mereka tidak akan mengijinkan saya melakukannya. Mereka telah menghukum saya untuk segalanya – untuk pernapasan yang tidak benar, postur tubuh yang buruk, dsb.” Keluh Ivanov. ” Aku sudah terbiasa dengan semua itu, karir saya sebagai pemain catur telah berakhir. Serangan psikologis terhadap saya terlalu kuat, anda tidak akan bisa menerimanya. Aku ingin menjadi GM, tapi rupanya itu tidak akan terjadi.”

Turnamen International Grand Blagoevgrad itu sendiri diboikot oleh hampir seluruh pecatur elit Bulgaria karena keikutsertaan Ivanov. Turnamen juga diselenggarakan dengan keamanan yang ketat dan di ruang pertandingan dipasang perangkat khusus yang berguna untuk mengacak sinyal GSM. Turnamen dijuarai oleh GM Ivan Saric dari Kroasia (7/9), sedangkan Ivanov berada di peringkat 15 dengan 6 poin dari 9 babak.

Borislav Ivanov sepertinya tidak sungguh-sungguh saat menyatakan mengundurkan diri dari dunia catur, karena di bulan Desember ini Ivanov diketahui bermain lagi di turnamen internasional Navalmoral Open di Caceres Extremadura Spanyol. Dia memulai turnamen dengan sangat baik dan mengumpulkan 4 poin dari 4 babak, dengan mengalahkan Jose Sanchez (1849), Oscar Sanchez Diaz (tanpa peringkat), GM Daniel Campora (2474), dan GM Karen Grigoryan (2604). Di babak ke-5 Ivanov imbang dengan GM Manuel Perez Candelario (2568).

Babak selajutnya mempertemukan Ivanov dengan GM Namig Guliyev (Azerbaijan). Sebelum ronde ke-6 dimulai, Guliyev meminta pihak panitia untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap Ivanov, termasuk sepatunya, untuk melihat apakah ada perangka canggih yang disembunyikan. Namun seperti kejadian sebelumnya, Ivanov menolak untuk melepas sepatunya sehingga memaksa penyelenggara mendiskualifikasi pecatur Bulgaria tersebut dan memberikan kemenangan untuk Guliyev. Selanjutnya Ivanov diminta untuk mengundurkan diri dan panitia mengembalikan uang pendaftaran sebesar 40 euro ditambah uang kompensasi sebesar 50 euro.

Sejauh ini Borislav Ivanov tetap menyangkal dan menyatakan bahwa ia tidak melakukan kecurangan apapun. Ia menyatakan bahwa ia telah berlatih keras selama 3-4 jam sehari dan itulah yang membuat permainannya menjadi bagus.

Kembali ke judul di atas, Benarkah Borislav Ivanov melakukan Kecurangan?

Sumber: http://www.chessbase.com, http://www.chess.com

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: