Kejurnas Catur 2014 Masih Misteri – News Update


Percasi

NEWS UPDATE,www.caturbandung.wordpress.com – PB PERCASI secara resmi akan menggelar Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) Catur ke-44 tahun 2014 pada tanggal 12 – 22 November 2014 di Asrama Haji SUDIANG- MAKASAR Sulawesi Selatan, sesuai surat resmi yang telah ditanda-tangani oleh Wakil Sekjen Bapak NOVIAN SIREGAR. Nomor yang dipertandingkan: Catur Standar (90 menit), Catur Cepat (15 menit) dan Catur Kilat (3 menit).
Sumber: Basuki Podo (via facebook). Mudah-mudahan dapat berjalan lancar sesuai yang dijadwalkan.

=============================

http://www.caturbandung.wordpress.com – Rakernas Percasi tahun lalu telah memutuskan bahwa Kejurnas Catur 2014 akan dilaksanakan di kota Angin Mamiri Makassar, Sulawesi Selatan. Saat itu Pengprov Percasi Sulawesi Selatan begitu menggebu-gebu dan menyatakan kesiapannya saat mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Namun persiapan Makassar sebagai tuan rumah Kejurnas Catur 2014 sepertinya tidak berlangsung mulus dan bahkan terancam batal menjadi tuan rumah.

Dalam wawancara dengan AntaraNews.com sekitar pertengahan April 2014, Ketua Harian Percasi Sulawesi Selatan Prof Wasir Thalib menyatakan bahwa Pengprov Percasi Sulawesi Selatan belum bisa memastikan apakah tetap bisa menjadi tuan rumah penyelenggara Kejurnas Catur 2014 yang rencananya dilaksanakan bulan Juni. Pengprov masih menunggu kepastian bantuan anggaran dari PB Percasi sebesar Rp425 juta, yang telah diajukan sebelumnya. Jika bantuan anggaran tersebut disetujui oleh PB Percasi, Pengprov Sulsel yakin dan optimis dapat menggelar Kejurnas Catur 2014 di Makassar.

Prof Wasir Thalib menambahkan bahwa kebutuhan anggaran untuk menyelenggarakan Kejurnas memang cukup besar. Hal ini disebabkan karena selain hadiah dan biaya wasit, tuan rumah juga harus menanggung biaya perlengkapan dan akomodasi sebagian peserta. Kebutuhan anggaran, yang semula diperkirakan sekitar Rp1,7 miliar, meningkat menjadi Rp2,4 miliar karena dalam rapat pleno bulan Pebruari 2014 di Jakarta telah disepakati bahwa panitia Kejurnas diwajibkan menanggung akomodasi 18 peserta dari setiap daerah, yang semula hanya direncanakan 10 peserta.

Jika Makassar gagal menggelar Kejurnas, terdapat beberapa daerah lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti untuk penyelenggaraan Kejurnas. Dua daerah yang disebut-sebut berpeluang menggantikan Sulawesi Selatan adalah Jawa Timur dan DKI Jakarta. Jawa Timur bahkan secara resmi telah mengajukan Surabaya untuk menggantikan Makassar sebagai tuan rumah Kejurnas Catur 2014. Namun dengan waktu yang semakin sempit, kesiapan daerah lain untuk menggantikan Makassar sebagai tuan rumah Kejurnas layak dipertimbangkan. Mepetnya waktu dan banyaknya event nasional di pertengahan tahun ini, antara lain Pilpres dan Ramadhan, akan semakin mempersulit persiapan pelaksanaan Kejurnas. Kejurnas-pun sepertinya akan mundur dari rencana semula (bulan Juni) dan diperkirakan baru dapat dilaksanakan pada bulan Agustus atau September.

Tentunya masyarakat catur Indonesia berharap bahwa Kejurnas Catur 2014 tetap dapat terselenggara, dimanapun tempatnya. Sudah banyak tenaga dan upaya para insan catur nasional, atlet maupun pelatih, untuk mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi Kejurans 2014. Jadi, pilih mana Makassar, Surabaya, atau Jakarta?

Berita terbaru tentang Kejurnas catur 2014:
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/57174/sulsel-perjuangkan-jadi-tuan-rumah-kejurnas-catur

Sumber:
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/54371/catur–sulsel-belum-pastikan-pelaksanaan-kejurnas-2014
http://makassar.antaranews.com/berita/52582/catur–jatim-siap-gantikan-sulsel-gelar-kejurnas

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

4 Responses to Kejurnas Catur 2014 Masih Misteri – News Update

  1. Hafiza Putri says:

    Semoga dapat terselenggara .. Amiin🙂

  2. widya ferina says:

    legowo saja kalo memang tidak sanggup serahkan saja ke daerah lain yang siap,daripada merugikan atlit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: