Garuda Muda Bukan Hanya Timnas U-19!


BANDUNG, http://www.caturbandung.wordpress.com – Sejak menjuarai Piala AFF U-19 September 2013, kemudian lolos Putaran Final Piala AFC U-19 Myanmar setelah tampil sebagai juara grup G PPA U-19 Oktober 2013, dan rangkaian Tour Nusantara Jilid I-II, elektabilitas (meminjam istilah pilpres) Timnas U-19 terus meningkat. Bahkan jika diperbolehkan sebagai pilihan Capres ke-3, Timnas U-19 mungkin akan mengungguli capres-capres lainnya.

Semangat dan performa luar biasa yang ditampilkan punggawa-punggawa U-19 memang layak mendapat ajungan jempol. Keindahan sepakbola melalui agresivitas tinggi yang ditunjang dengan skill dan fisik yang prima serta kerjasama tim yang kompak menjadikan setiap penampilan Timnas U-19 enak ditonton. Rugi sepertinya melewatkan pertandingan Timnas U-19 meskipun itu hanya sekedar pertandingan uji coba.

Timnas U-19 memang layak menjadi idola baru bagi masyarakat dan seluruh insan olahraga nasional. Harapan besar dibebankan ke pundak Garuda Muda ini untuk dapat mengangkat kembali prestasi persepakbolaan nasional yang terpuruk dalam beberapa dasawarsa ini. Harapan besar yang mungkin saja dapat menjadi bumerang bagi punggawa-punggawa Timnas U-19!

Di luar hingar-bingar perbincangan Timnas U-19, sebenarnya masih banyak Garuda-Garuda Muda yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sayangnya euforia kebangkitan Timnas U-19 sepertinya menenggelamkan prestasi Garuda-Garuda Muda ini, yang nyata-nyata telah mengibarkan bendera Merah Putih di berbagai turnamen internasional. Garuda-Garuda Muda itu memang berasal dari olahraga yang sangat tidak favorit bagi masyarakat Indonesia, olahraga adu otak: CATUR! Olahraga yang kurang terkenal meski berprestasi internasional.

Berbagai prestasi membanggakan terus-menerus ditorehkan oleh atlet-atlet catur, khususnya pecatur-pecatur muda Indonesia. Dimulai dari lahirnya GMW kedua sekaligus GMW termuda Indonesia Medina Warda Aulia (17), lolosnya Irene Kharisma Sukandar (22) ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2014 setelah menjuarai Asian Continental Chess Championship di Sharjah, Uni Emirat Arab April 2014, dan tim yunior Indonesia berhasil merebut 4 medali Emas, 4 Perak, dan 4 Perunggu di kejuaraan yunior ASEAN+ bulan Juni di Macau, Tiongkok.

Baru-baru ini pecatur-pecatur yang tergabung dalam tim olimpiade catur Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan di turnamen Eropa. Dalam turnamen yang dimaksudkan sebagai pemanasan menuju Olimpiade Catur ke-41 Tromso Norwegia bulan Agustus mendatang, GM Susanto Megaranto berhasil meraih peringkat terbaik ketiga di Turnamen Grand Europe Albena Cup Bulgaria, yang diikuti oleh beberapa pemain top dunia. Selain Susanto, beberapa pemain juga berhasil merebut beberapa penghargaan: GMW Medina Warda Aulia merebut juara pertama kategori putri, IM Farid Firmansyah merebut juara pertama pemain ber-elo rating di bawah 2400, dan Novendra Priasmoro merebut juara pertama pemain kategori non rating sekaligus merebut norma IM yang pertama. Di turnamen pemanasan berikutnya, Turnamen Grand Europe Golden Sands Bulgaria, gantian pecatur putri GMW Irene Kharisma Sukandar yang berhasil merebut juara pertama kategori putri sedangkan Medina merebut posisi runner-up. Prestasi membanggakan yang membawa optimisme bagi tim olimpiade catur Indonesia.

Albena

Timnas catur Indonesia saat ini memiliki peringkat yang lebih baik dibanding peringkat Timnas sepakbola. Berdasarkan rangking Federasi Catur Dunia FIDE Mei 2014, Timnas catur putra Indonesia menempati peringkat 60 dunia, sedangkan Timnas putri berada di peringkat 26 dunia! Bandingkan dengan timnas sepakbola Indonesia yang masih berkutat di peringkat 157 dunia, turun lima peringkat dari bulan sebelumnya.

Seperti judul di atas, Garuda Muda Bukan Hanya Timnas U-19. Mari kita dukung Garuda-Garuda Muda ini. Apapun pilihan anda, nomor satu atau nomor dua, tetaplah mendukung Garuda Muda. Gens Una Sumus. ( Tulisan ini dapat juga dibaca di http://olahraga.kompasiana.com/sport/2014/06/23/garuda-muda-bukan-hanya-timnas-u-19-660214.html )

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: