Popularitas Pembukaan Catur dari Waktu ke Waktu


26 Juni 2014, http://www.caturbandung.wordpress.com – Langkah-langkah pertama permainan catur, sering disebut dengan Pembukaan, merupakan langkah-langkah penting yang harus dikuasai oleh atlet catur. Pecatur yang tidak menguasai pembukaan sama saja dengan tentara menuju medan perang tanpa dibekali senjata, kalah sebelum berperang. Tidak mengherankan jika salah satu kunci untuk menjadi pemain catur top adalah mempelajari dan menghafal banyak partai pembukaan. Namun demikian timbul pertanyaan, manakah pembukaan yang paling banyak dipilih dan digunakan oleh pecatur-pecatur dunia: e4, d4, c4, ataukah Nf3?

Selama beberapa dekade, langkah-langkah pembukaan catur terus berkembang dengan variasi-variasi baru. Baru-baru ini Randy Olson, seorang mahasiswa PhD teknik tahun ketiga, melakukan penelitian tentang pembukaan paling populer di kalangan pecatur dunia. Randy melakukan eksplorasi terhadap lebih dari 650.000 partai catur yang dimainkan di turnamen resmi dalam rentang waktu 1850-2014. Berikut ini beberapa hasil temuannya yang telah dipublikasikan oleh chessbase (http://en.chessbase.com/post/popularity-of-chess-openings-over-time).

Langkah Pertama Putih
Permainan catur dimulai ketika pemain yang memegang buah putih melakukan langkah pertama dan disebut sebagai langkah pembukaan. Kesempatan melakukan langkah pertama ini membuat pemegang buah putih diyakini memiliki “sedikit keuntungan” di awal permainan. Pemegang buah putih harus menjaga keuntungan tipis ini dengan selalu berinisiatif dan secepat mungkin memegang kendali sejak awal permainan. Langkah pembukaan putih yang paling populer dalam periode 1850-2014 dapat dilihat di bawah ini.

Penelitian Randy mengungkap bahwa mayoritas pemain menggunakan pembukaan yang seragam yaitu King’s Pawn (1.e4 ) pada tahun 1850. Pembukaan e4 dimainkan cukup lama oleh mayoritas pemain hingga akhir tahun 1890-an, ketika pembukaan Queen’s Pawn (1. d4) mulai banyak digunakan dan menggeser popularitas King’s Pawn. Pada tahun 1920 muncul pembukaan baru yang disebut Zukertort Opening (1. Nf3)  dan English Opening (1. c4), yang kemudian menjadi empat pembukaan yang paling banyak digunakan sampai dengan saat ini.

Langkah Pertama Hitam
Pemegang buah hitam cenderung melakukan langkah pembukaan yang defensif dan berusaha untuk merusak keuntungan awal yang dimiliki oleh putih. Pada tahun 1850, langkah 1… e5 (Open Game) banyak dipilih hitam untuk menjawab pembukaan King’s Pawn. Meski kurang dikenal, pembukaan lain yang digunakan pada tahun 1850-an selain Open Game adalah French Defense (1. e4 e6) dan Pirc Defense (1. e4 d6).


Setelah ketiga pembukaan di atas, muncul beberapa varian baru yang banyak digunakan dalam pembukaan hitam sebagai jawaban atas perkembangan variasi pembukaan putih. Dimulai dengan munculnya pembukaan Closed Game (1. d4 d5) pada tahun 1890 sebagai jawaban atas pembukaan Queen’s Pawn, yang disusul dengan munculnya pembukaan Indian Defence (1. d4 Nf6) sekitar tahun 1910-an. Pembukaan hitam yang populer saat ini Sicilian Defense (1. e4 c5) mulai banyak digunakan sekitar tahun 1930-an.

Langkah Kedua Putih
Langkah kedua yang dijalankan pemain putih sangat tergantung terhadap pilihan langkah pertama. Randy mencatat bahwa langkah pertama putih didominasi oleh King’s dan Queen Pawn, sehingga langkah kedua putih pun lebih banyak dipengaruhi oleh kedua pembukaan ini. Dengan menurunnya popularitas Open Game, maka variasi jawaban pembukaan inipun juga mengalami penurunan. Langkah yang banyak digunakan untuk merespon pembukaan Open Game adalah King’s Knight (1. e4 e5 2. Nf3), yang sekali-kali diikuti oleh King’s Gambit (1. e4 e5 2. f4) dan Vienna Game (1. e4 e5 2. Nc3). Naiknya popularitas pembukaan Sicilian Defense berdampak pada munculnya beberapa variasi langkah kedua putih, namun langkah populer yang dipilih putih adalah Open Sicilian (1. e4 c5 2. Nf3). Satu lagi langkah yang cukup sering digunakan putih, khususnya untuk merespon pembukaan French Defense adalah French Defense Classical (1. e4 e6 2. d4).

Langkah Kedua Hitam
Pembukaan catur memiliki posisi yang sangat bervariasi, meski hanya terdiri dari 64 petak dengan 32 bidak catur di atasnya. Terdapat berbagai langkah variasi yang dapat digunakan oleh putih dan hitam, yang jumlahnya dapat dikatakan mendekati tak terbatas. Randy menyatakan bahwa di awal permainan hanya akan  terdapat sekitar 400 posisi unik setelah putih dan hitam melakukan langkah pertama. Namun setelah langkah kedua dilakukan, posisi unik yang kemungkinan terjadi naik secara eksponensial menjadi 197.742 posisi. Jumlah ini akan naik berkali-kali lipat untuk langkah-langkah berikutnya. Randy memperkirakan setelah langkah ketiga saja kemungkinan terdapat sekitar 121 juta posisi unik yang dapat terjadi.

Meskipun pembukaan catur memiliki kemungkinan posisi yang sangat banyak, terdapat beberapa posisi pembukaan yang populer digunakan oleh para pecatur. Hasil penelitian Randy terhadap 4.000 database pembukaan mengungkapkan bahwa sekitar 70% permainan catur di dunia didominasi oleh 30 pembukaan. Grafik distribusi 30 pembukaan yang paling populer digunakan dalam periode 1850-2014 digambarkan secara menarik oleh Randy seperti di bawah ini.

 

Sumber: http://en.chessbase.com/post/popularity-of-chess-openings-over-time
Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: