Beberapa Peraturan FIDE Terbaru yang Perlu Diketahui


FIDE, http://www.caturbandung.wordpress.com – Selama lima tahun terakhir aturan permainan catur mengacu pada hasil kongres FIDE ke-79 di Dresden Jerman pada bulan Nopember 2008, yang secara resmi baru berlaku 1 Juli 2009. Namun sejak tanggal 1 Juli 2014, FIDE mulai memberlakukan peraturan baru hasil keputusan kongres FIDE ke-84 yang diselenggarakan di Tallinn Estonia pada bulan Oktober 2013. Terdapat beberapa perubahan dalam aturan baru ini, antara lain pecatur langsung dinyatakan kalah apabila melakukan dua kali langkah ilegal di catur klasik. Ini merupakan perubahan aturan yang secara berkala selalu dievaluasi oleh FIDE untuk memperbaiki aturan permainan catur.

Meski hanya sedikit perubahan yang terjadi, dan lebih bersifat penambahan, namun perubahan peraturan tetap wajib untuk diketahui. Lalu, perubahan apa saja yang perlu diketahui? Berikut ini beberapa perubahan peraturan FIDE yang perlu dipahami, baik oleh pemain, wasit, pelatih catur, maupun seluruh insan yang berkecimpung di dunia per-catur-an dunia.
1. Penambahan aturan tata cara promosi;
2. Aturan penggunaan perangkat elektronik;
3. Aturan zero default; dan
4. Dua kali langkah ilegal, kalah.

Berikut ini penjelasan tentang perubahan aturan di atas:

Promosi
Selama ini penggantian pion promosi dilakukan setelah pemain meletakkan pion promosi di petak 8 sambil menyebutkan bidak yang diinginkan. Aturan ini mengalami sedikit perubahan, yang secara lengkap tertera di FIDE Law of Chess ayat 4.6 dan sub-ayat 7-5a.

Ayat 4.6:
The act of promotion may be performed in various ways:
1. the pawn does not have to be placed on the square of arrival,
2. removing the pawn and putting the new piece on the square of promotion may occur in any order.
If an opponent’s piece stands on the square of promotion, it must be captured.
Sub-ayat 7.5a (section irregularities):
a. (…) If the player has moved a pawn to the furthest distant rank, pressed the clock, but not replaced the pawn with a new piece, the move is illegal. The pawn shall be replaced by a queen of the same colour as the pawn.

Ayat 4.6 menjelaskan bahwa ketika terjadi promosi, pion promosi tidak harus diletakkan di petak 8 namun dapat langsung diganti dengan bidak yang diinginkan. Setelah mengganti pion dengan bidak baru, kemudian pemain menekan jam catur untuk melanjutkan permainan. Sementara itu sub-ayat 7.5a menjelaskan bahwa jika pemain lupa untuk mengganti pion promosi dengan bidak baru namun sudah terlanjur menekan jam catur, maka langkah ini dianggap sebagai langkah ilegal. Langkah harus diulang dengan mengganti pion promosi menjadi Queen (hanya bisa diganti dengan Queen, tidak boleh diganti dengan bidak lainnya). Pemain yang melakukan langkah ilegal juga akan mendapatkan hukuman sesuai aturan yang berlaku.

Aturan baru ini perlu didiskusikan lebih lanjut, khususnya untuk sub-ayat 7.5a,  karena dalam aturan sebelumnya ditegaskan bahwa pemain yang belum mengganti pion promosi dengan bidak yang diinginkan namun telah menekan jam catur, maka pion promosi tersebut tidak dapat diganti lagi dan tetap sebagai pion. Aturan ini memang merugikan bagi pemain, karena usaha keras mereka menjadi sia-sia hanya karena kesalahan kecil.

Aturan FIDE terbaru menjadi menarik karena sepertinya FIDE lebih mengedepankan sporitivitas dan menghargai jerih payah pemain yang telah berusaha keras untuk menciptakan pion promosi. Tidak adil rasanya kalau usaha keras berjam-jam tersebut hilang begitu saja hanya karena kelalaian kecil. Hal inilah yang coba diakomodir oleh FIDE. Namun demikian FIDE tetap berusaha bersikap adil dengan cara menghukum pemain yang bersangkutan berupa: (a) hanya boleh mengganti pion dengan Queen, (b) dianggap membuat langkah ilegal sehingga lawan mendapatkan keuntungan. Jika ini adalah langkah ilegal yang kedua, otomatis pemain yang bersangkutan langsung dinyatakan kalah dan sia-sialah pion promosi-nya.

Perangkat Elektronik
Sebuah sub-ayat ditambahkan ke Pasal 11 yang menjelaskan tentang “the conduct of the players“:

Ayat 11.3b
During play, a player is forbidden to have a mobile phone and/or other electronic means of communication in the playing venue. If it is evident that a player brought such a device into the playing venue, he shall lose the game. The opponent shall win. The rules of a competition may specify a different, less severe, penalty. The arbiter may require the player to allow his clothes, bags or other items to be inspected, in private. The arbiter or a person authorised by the arbiter shall inspect the player and shall be of the same gender as the player. If a player refuses to cooperate with these obligations, the arbiter shall take measures in accordance with Article 12.9.

Ketika sedang bertanding, pemain dilarang membawa mobile phone atau sarana komunikasi lainnya di tempat pertandingan. Jika ditemukan pemain yang terbukti membawa perangkat komunikasi di tempat pertandingan, pemain yang bersangkutan langsung dinyatakan kalah dan kemenangan diberikan kepada lawannya. Wasit (Arbiter) atau orang yang ditugaskan oleh arbiter, berhak dan wajib memeriksa seluruh atribut yang dikenakan pemain, baik pakaian, tas, sepatu, maupun atribut lainnya. Pemeriksaan dilakukan secara pribadi dan dilakukan tanpa membeda-bedakan gender. Jika seorang pemain menolak untuk bekerja sama dalam pemeriksaan ini, arbiter harus mengambil langkah-langkah sesuai dengan Ayat 12.9. Namun demikian aturan ini tentu saja tidak dapat diterapkan sama untuk setiap turnamen. Penerapan aturan ini dapat disesuaikan, tergantung dari kebijakan penyelenggara dengan mempertimbangkan level turnamen, sarana pertandingan, peserta, dan lain sebagainya.

Aturan Zero Default
Selama ini zero default identik dengan zero start (0 menit), yang mewajibkan setiap pemain siap di meja masing-masing sebelum pertandingan dimulai. Jika pemain datang setelah pertandingan dimulai, meskipun hanya beda waktu beberapa detik, maka pemain yang bersangkutan langsung dinyatakan kalah. Kini aturan zero default tidak harus zero start. Aturan baru tentang zero default dapat ditemukan di sub-ayat 6.7a yang disebut sebagai “default time“.

Ayat 6.7a:
The rules of a competition shall specify in advance a default time. Any player who arrives at the chessboard after the default time shall lose the game unless the arbiter decides otherwise. This is a subtle difference with the old rule, which specifically mentioned a default time of 0 minutes.

Aturan baru memungkinkan penyelenggara menentukan terlebih dahulu waktu default yang akan digunakan. Waktu default adalah lama waktu yang diijinkan bagi pemain yang datang terlambat. Pemain dinyatakan kalah jika datang ke tempat pertandingan setelah melewati waktu default yang telah ditentukan. Waktu default tidak harus zero (0 detik), dapat ditentukan sesuai dengan keadaan. Jadi waktu default dapat ditetapkan sebesar 0 detik, 1 menit, atau 5 menit, tergantung penyelenggara.

Dua Kali Langkah Ilegal, Kalah
Aturan tentang langkah ilegal dijabarkan di sub-ayat 7.5b, yang secara umum hanya mengijinkan pemain melakukan satu kali langkah ilegal (tidak sah). Arbiter akan memberikan hukuman terhadap pemain yang melakukan langkah ilegal dengan memberikan tambahan waktu 2 menit kepada lawannya. Jika pemain yang sama melakukan lagi langkah ilegal (langkah ilegal yang kedua), maka pemain yang bersangkutan langsung dinyatakan kalah. Namun demikian, pertandingan akan dinyatakan berakhir imbang (draw) apabila posisi lawan tidak memungkinkan untuk mematikan raja (checkmate).

Ayat 7.5b:
After the action taken under Article 7.5.a, for the first completed illegal move by a player the arbiter shall give two minutes extra time to his opponent; for the second completed illegal move by the same player the arbiter shall declare the game lost by this player. However, the game is drawn if the position is such that the opponent cannot checkmate the player’s king by any possible series of legal moves.

Berbeda dengan catur klasik, pertandingan catur cepat dan kilat tidak mentolerir langkah ilegal. Sekali saja pemain melakukan langkah ilegal di pertandingan catur cepat atau kilat, maka pemain yang bersangkutan dapat langsung dinyatakan kalah. Aturan langkah ilegal untuk catur cepat dan kilat terdapat di Appendix A.4b.

Appendix A.4b:
An illegal move is completed once the player has pressed his clock. If the arbiter observes this he shall declare the game lost by the player, provided the opponent has not made his next move. If the arbiter does not intervene, the opponent is entitled to claim a win, provided the opponent has not made his next move. However, the game is drawn if the position is such that the opponent cannot checkmate the player’s king by any possible series of legal moves. If the opponent does not claim and the arbiter does not intervene, the illegal move shall stand and the game shall continue. Once the opponent has made his next move, an illegal move cannot be corrected unless this is agreed by the players without intervention of the arbiter.

Perubahan Lainnya
– Jika pemain tidak dapat menggerakkan bidak, menulis langkah, ataupun menekan jam untuk beberapa alasan, maka pemain tersebut dapat dibantu oleh asisten (4.9).
– Dalam hal adanya klaim hasil imbang, baik karena tiga kali bangunan sama ataupun adanya aturan 50 langkah, Arbiter kini diperbolehkan untuk menghentikan jam (9.5), selain tentu saja pemain yang bersangkutan.
– Pemain diperkenankan mengajukan banding terhadap keputusan wasit, meskipun telah mendatangani hasil pertandingan / scoresheet (11.10).

Demikian kira-kira beberapa hal yang perlu diketahui dari perubahan aturan FIDE yang baru. Penjabaran ini berdasarkan pemahaman pribadi, kepastian aturan yang berlaku tergantung kepada panitia penyelenggara maupun pihak-pihak yang berwenang. Gens Una Sumus. Sumber: http://www.chess.com.

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: