WORLD SCHOOLS CHESS CHAMPIONSHIPS 2014 – Round 7: Putra-Putri Indonesia Berpeluang Raih Medali Emas


BRASIL, http://www.caturbandung.wordpress.com – Putra-putri yunior Indonesia tampil mengesankan dalam kejuaraan World Schools Chess Championships 2014 yang kini tengah berlangsung di Juiz de Fora, Minas Gerais State, Brasil. Dalam kejuaraan yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Nopember hingga 4 Desember 2014, Indonesia mengirimkan putra-putri terbaik yang turun di nomor U11 (putra/putri), U13 (putra/putri), U15 (putra/putri), dan U17 (putra/putri). Dikomandani oleh pecatur putri yunior terbaik Indonesia WGM Medina Warda Aulia (2391), putra-putri Indonesia untuk sementara berada di papan atas klasemen sementara di masing-masing kategori.

Medina Warda Aulia untuk sementara memimpin klasemen kategori Girl-17 usai mengumpulkan poin 7,0 dari 7 babak yang telah dimainkan. Medina unggul 2 poin dari peringkat 2-5 dan hampir dipastikan merebut medali emas kategori Girl-17. Melihat lawan-lawannya yang rata-rata memiliki elo rating jauh di bawah Medina, wajar jika Medina ditargetkan untuk merebut medali emas.

WorldSchoolChamp R7 Girl17

Di kategori Open-17, pecatur yunior putra Yoseph Theolifus Taher (2260) untuk sementara menempati peringkat 2-3 dengan mengumpulkan poin 5,5/7. Puncak klasemen dipegang oleh pecatur Kolombia IM C Joshua D Ruiz (2377) yang mengumpulkan poin penuh 7,0/7. Dua babak terakhir menjadi partai penting bagi Yoseph untuk mempertahankan peringkat 2 besar, bahkan masih memungkinkan untuk merebut podium pertama (meski peluangnya tipis). Di babak 8 Yoseph akan berhadapan dengan Jim Morales (1861) dan di atas kertas Yoseph dapat meraih kemenangan.

WorldSchoolChamp R7 Open17

Peluang merebut medali emas juga diperoleh dari kategori Open-15 dan Girl-15, dimana pecatur putra Novendra Priasmoro (2283) dan pecatur putri Afifa Ayyun Faruq (1629) untuk sementara memimpin klasemen dengan keunggulan 1 poin dari peringkat di bawahnya. Novendra memimpin klasemen kategori Open-15 setelah mengumpulkan poin 6,0/7 dan akan berhadapan dengan pecatur Uruguay CM Gabriel Kimelman (2004). Sementara itu Afifa memimpin klasemen Girl-15 dengan poin 6,5/7 dan unggul 1 poin dari peringkat 2 Nahomi Blanco yang akan dihadapi di babak 8.

WorldSchoolCham R7 OpenGirl15

Selain di kategori U15, pecatur Indonesia juga berpeluang merebut medali emas di kategori Open-11 dimana Gilbert Elroy Tarigan (1797) memimpin klasemen sementara dengan poin 6,0/7, unggul tie-break dari pecatur Srilanka G.M.H Thilakarathne (1795). Pecatur Indonesia lainnya CM Dhatuyo Budiarto (1579) berada di posisi 3-4 dengan poin 5,5/7 dan berpeluang untuk merebut medali. Medali emas juga berpeluang direbut pecatur Indonesia di kategori Girl-11, dimana pecatur putri Theodora Paulina Walukow untuk sementara berada di peringkat 1-2 dengan poin 6,0/7, kalah tie-break dari peringkat pertama WCM Mounika Akshaya Bommini (1571).

WorldSchoolChamp R7 U11

Di kategori U13, para pecatur Indonesia, Michael Owen (1995), Evi Yuliana, dan Metalia Widya Diantika untuk sementara berada di posisi 3 besar dan masih berpeluang untuk merebut medali emas. Michael Owen berada di peringkat 2 klasemen sementara Open-13 dengan poin 6,0/7, Evi Yuliana di peringkat 2 Girl-13 dengan poin 6,0/7, dan Metalia Widya berada di posisi ketiga dengan poin 5,5/7. Masih ada 2 babak yang dapat dimanfaatkan oleh para pecatur Indonesia untuk mempertahankan peringkat sekaligus mencoba meraih medali emas.

WorldSchoolChamp R7 U13

Sumber: www.chessdom.com, http://www.chess-results.com
Gens Una Sumus

 

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: