FM Deni Sonjaya Juara Turnamen Catur Cepat Jakarta Baru 2015


JAKARTA,www.caturbandung.wordpress.com – Pecatur Jawa Barat FM Deni Sonjaya (2306) merebut juara pertama Turnamen Catur Cepat Jakarta Baru 2015 yang diselenggarakan di Mall Season City Grogol Jakarta Barat tanggal 24-25 Pebruari 2015. Berada di peringkat awal 12, Deni Sonjaya berhasil menyingkirkan beberapa pecatur kuat Indonesia seperti GM Susanto Megaranto (2548) , IM Farid Firmansyah (2422), IM M. Lutfi Ali (2404), IM Tirta Chandra Purnama (2393), dan GM Cerdas Barus (2368). Mengumpulkan poin 7,5/9, Deni Sonjaya juara setelah unggul tie-break dari 5 pecatur lainnya yang memiliki poin sama: Farid Firmansyah, Yansen Kawatu, Hamdani Rudin, Susanto Megaranto, dan Tumpak Sinurat.

Klasemen Akhir Turnamen Catur Cepat Jakarta Baru 2015 (Top 50)

Top 50 Turnamen Catur Jakarta Baru 2015

Susanto Megaranto, yang seminggu sebelumnya berhasil menjuarai Turnamen Catur Cepat Tutank Cup Sukabumi, kali harus puas berada di peringkat 5. Susanto gagal juara setelah secara mengejutkan kalah di babak kedua dari pemain tidak diunggulkan Ayub Burhan. Namun Susanto bangkit dan secara perlahan merangkak naik ke peringkat atas.

Turnamen catur cepat Jakarta Baru 2015 dilaksanakan menggunakan sistem swiss 9 babak dengan memberlakukan zero start. Agar pertandingan semakin menarik, panitia memberlakukan waktu pikir yang berbeda untuk Master dan Non-Master. Peraturannya adalah apabila Master (GM/IM/FM/MN) berhadapan dengan Non-Master/Yunior, maka waktu pikir yang disediakan untuk Master adalah 20 menit, sedangkan Non-Master 30 Menit. Apabila sama-sama berhadapan antara Master vs Master atau Non-Master vs Non-Master, maka waktu pikir masing-masing adalah 20 menit.

Turnamen Catur Jakaarta Baru 2015

Suasana Pertandingan Turnamen Catur Jakarta Baru 2015

Selain diikuti oleh pecatur-pecatur senior, turnamen ini juga banyak diikuti oleh para pecatur yunior. Banyaknya pecatur yunior yang ikut karena panitia juga menyediakan hadiah untuk para pecatur yunior dengan beberapa kategori: U17, U14, dan U12 serta kategori senior putri. Berikut ini peringkat 3 besar masing-masing kategori:

Senior Open:
1. FM Deni Sonjaya
2. IM Farid Firmansyah
3. Yansen Kawatu

Senior Putri:
1. WFM Tiara Nugraeni
2. Ivana Lasama
3. Nyimas Sonya

Yunior U-17:
1. Arifa Rizki Syahputra
2. Gerald Pramoedya Priguna
3. Pramdiffa WPP

Yunior U-14:
1. Zat Robyansyah
2. Ivan Maximillian
3. Daru Oktabuana

Yunior U-12:
1. V Galih Pradnya
2. Kemas Ade Krisna
3. Raden Syafiuddin

Sumber: http://www.chess-results.com

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: