MOSCOW OPEN 2015 – Veni, Vidi, Vici: Irine Taklukan Moscow


MoscowOpen MOSCOW,www.caturbandung.wordpress.com – Pecatur putri kebanggan Indonesia Irine Kharisma Sukandar mengguncang jagad catur Rusia. Irine berhasil keluar sebagai juara RSSU Women’s Student Grandmaster Cup Moscow Open 2015. Tampil tidak terkalahkan dari 9 babak yang dimainkan, Irine meraih 6 kemenangan dan 3 kali imbang. Hebatnya, Irine menjadi satu-satunya peserta yang tidak pernah kalah dan telah memastikan juara saat pertandingan masih menyisakan satu babak.

Veni, Vidi, Vici! ungkapan yang terkenal dari Julius Caesar, Jenderal dan Konsul Romawi pada tahun 47 SM, yang berarti Aku Datang, Aku Melihat, dan Aku Menang! layak diberikan kepada Irine. Irine, yang baru pertama kali datang ke Rusia, menjuarai Women’s Student Grandmaster Cup yang diikuti oleh 10 pecatur putri. Bertanding menggunakan sistem round robin (setiap pemain bertemu satu kali) Irine tampil sebagai juara setelah mengumpulkan poin 7,5/9, unggul 2 poin penuh dari saingan utamanya pecatur tuan rumah Alina Kashlinskaya.

Kepastian juara telah diperoleh Irine usai selesainya pertandingan babak ke-8. Meskipun Irine hanya menambah setengah angka usai bermain imbang melawan pecatur Mongolia Altan-Ulzii Enkhtuul, Irine dipastikan juara karena saingan beratnya Alina Kashlinskaya di luar dugaan kalah dari Dinara Saduakassova. Menyisakan satu babak, tambahan setengah angka membuat poin Irine tidak mungkin lagi dikejar lawan-lawannya. Di babak 9 yang sudah tidak menentukan bagi Irine, Irine bermain imbang dengan Alina.

Irine Kharisma Sukandar – Juara Women’s Student Grandmaster Cup Moscow Open 2015

Keberhasilan ini tentunya menjadi bekal berharga bagi Irine yang akan ambil bagian dalam dua kejuaraan besar tahun ini: Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2014 dan 2015, kejuaraan yang sama-sama digelar tahun ini Maret dan Oktober 2015. Menghadapi turnamen besar ini, PB Percasi telah mempersiapkan Irine dengan mengikuti beberapa turnamen untuk uji coba sekaligus untuk meningkatkan elo ratingnya. Dimulai dari Qatar Masters Open 2014, New Zealand Open 2105, dan kini Moscow Open 2015.

Dari serangkaian uji coba ini, penampilan Irine terus meningkat dan diharapkan dapat mencapai puncaknya di Kejuaraan Dunia. Keberhasilan menjuarai Moscow Open 2015 – Women’s Student Grandmaster Cup diperkirakan juga dapat menambah elo rating Irine sebesar 18 poin. Tambahan elo rating ini sangat diperlukan untuk membantu Irine dalam proses drawing di Kejuaraan Dunia nanti. Berdasarkan data rating FIDE per 1 Pebruari, Irine saat ini menempati peringkat 71 dunia dengan elo rating 2397.

Dalam klasemen akhir Women’s Student Grandmaster Cup, peringkat 3-5 ditempati bersama oleh pecatur: Gunay Mammadzada (Azerbaijan), Petra Papp (Hungaria), dan Dinara Saduakassova (Kazakhstan). Berikut ini klasemen akhir Moscow Open 2015 kategori Women’s Student Grandmaster Cup: Rank MoscowG

Tidak mau kalah dengan Irine, Susanto Megaranto juga mencatatkan diri sebagai salah satu pemain yang tidak terkalahkan di Moscow Open 2015 Men’s Cup (Open A). Susanto meraih 4 kemenangan dan 5 kali imbang. Namun catatan ini belum berhasil membawa Susanto ke peringkat atas klasemen akhir dan hanya berada di peringkat 17 dengan poin 6,5/9. Hasil kurang memuaskan diperoleh Muhammad Lutfi Ali yang hanya mengumpulkan poin 4,0/9 dan harus puas berada di peringkat akhir 146. Elo rating Lutfi Ali diperkirakan akan berkurang 3 poin, sedangkan elo rating Susanto diperkirakan naik 4 poin.

Podium teratas Moscow Open 2015 Men’s Cup (Open A) direbut oleh pecatur Rusia Ernesto Inarkiev yang berada di puncak klasemen sendirian dengan poin 8,0/9. Inarkiev menyisihkan Anton Korobov, Francisco Vallejo Pons, Tigran Petrosian, dan Vladislav Atermiev, yang berada di peringkat 2-5 tertinggal satu poin penuh dari Inarkiev.

Top 3 Moscow Open 2015: Ernesto Inarkiev, Anton Korobov, dan Francisco Vallejo Pons

Di kategori Moscow Open 2015 Women’s Cup (Open B), tampil sebagai juara adalah pecatur Tiongkok Lei Tingjie yang mengumpulkan poin 8,0/9. Lei Tingjie berhasil menyingkirkan dua pecatur tuan rumah Aleksandra Goryachkina dan Elmira Mirzoeva yang harus puas di peringkat 2-3 dengan poin sama 7,0/9. Berikut ini peringkat 25 besar Moscow Open 2015 kategori Men’s dan Women’s: Moscow Open A-B

Turnamen Moscow Open 2015 – 11th International RSSU Chess Cup –  dilaksanakan pada tanggal 29 Januari hingga 9 Pebruari 2015. Turnamen Moscow Open 2015 diikuti oleh lebih dari 1600 peserta dari 30 negara, yang terbagi dalam delapan kategori A hingga G dan memperebutkan hadiah total sebesar 4,3 juta Rubel Rusia (sekitar $US62.300).

Indonesia mengirimkan 3 pecatur di ajang Moscow Open 2015. GM Susanto Megaranto (2548) dan FM Muhammad Lutfi Ali (2404) yang bertanding di kategori Open A, sertaIM Irine Kharisma Sukandar (2392) bertanding di kategori Open G: Women’s Student Grandmaster Cup.

Sumber: http://www.open.moscowchess.org,  www.chessbase.com, http://www.theweekinchess.com, http://www.chess-results.com, http://www.chess24.com Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: