Vishy Anand: Catur Tidak Mengenal Usia


Viswanathan Anand, Vishy Anand, Anand, Chess, Viswanathan Anand Chess

http://www.caturbandung.wordpress.com – Mantan juara dunia Viswanathan “Vishy” Anand gagal bersinar di GRENKE Chess Classic 2015 Baden-Baden, Jerman. Vishy Anand, juara GRENKE Chess Classic Baden-Baden 2013, hanya meraih 1 kemenangan dan 3 kali imbang serta 3 kali menelan kekalahan dari 7 babak yang dipertandingkan. Anand-pun harus puas berada di peringkat 7 dari 8 Grandmaster yang ikut serta, satu tingkat di atas pecatur Jerman David Baramidze. Juara GRENKE Chess Classic Baden-Baden 2015 akhirnya direbut oleh Magnus Carlsen yang mengalahkan Arkadij Naiditsch di babak play-off dengan skor 3-2.

Klasemen Akhir GRENKE Chess Classic Baden-Baden 2015

Sudah habiskah Anand? Jangan terburu-buru berpikir demikian! Meski tampil mengecewakan di penampilan perdananya di tahun 2015, Anand masih berpotensi “mengganggu” sepak terjang pecatur-pecatur muda saat ini. Penikmat catur dunia mungkin masih ingat bagaimana media mengatakan bahwa masa Anand sudah habis ketika mahkota juara dunia-nya direbut oleh Magnus Carlsen akhir 2103. Namun Anand mampu bangkit kembali dan memenangkan Candidates Tournament untuk kembali menantang juara dunia Magnus Carlsen di akhir 2014. Meski kembali menuai kekalahan, namun Anand telah membuktikan bahwa karirnya belum habis dan masih bisa bersaing dengan pecatur-pecatur muda lainnya.

Anand, yang kini berusia 45 tahun, sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Ketika diwawancarai oleh Mihir Vasavda dari The Indian Express, Anand mengatakan bahwa usia sama sekali tidak berpengaruh (untuk berprestasi) di olahraga catur. Usia hanya berpengaruh terhadap gaya bermain, seiring dengan pertambahan usia seseorang. Ini berarti seorang pecatur dapat bermain, bertanding, dan berprestasi sampai usia berapapun, sesuai dengan kemampuan dan kesehatannya. Berbeda dengan mayoritas olahraga lainnya yang sangat dipengaruhi oleh faktor usia.

Tahun 2014 dikatakan Anand sebagai “tahun yang indah” baginya dan ia menilai perfomansi dirinya mencapai 8 dari skala 10. Dengan tidak adanya kejuaraan dunia di tahun 2015, Anand berencana untuk mengikuti beberapa turnamen diawali dengan GRENKE Chess Classic dan Zurich Chess Challenge. Anand juga saat ini sibuk membantu menjadi mentor bagi atlet-altet India yang akan berlaga di Olimpiade Rio 2016.

Berikut ini petikan wawancara Mihir Vasavda dengan GM Viswanatahan Anand (2797), mantan juara dunia yang bercita-cita menjadi matematikawan atau astronomi jika pensiun dari catur (The Indian Express, 18-01-2015):

==

Mihir Vasavda (MV): Pemain catur sering dipersepsikan selalu serius dan hebat. Apakah Anda semua selalu memikirkan Benteng dan Gajah sepanjang waktu?

Viswanathan Anand (VA): Saya beberapa kali mencoba untuk berhenti memikirkannya (catur). Tetapi Anda tidak bisa menahannya. Kadang-kadang Anda bangun pukul 4 pagi dan Anda segera tahu bahwa Bh4 adalah langkah terbaik. Kadang-kadang langkah terbaik menyerang Anda di tempat yang paling tidak mungkin (Anda pikirkan). Ada cerita dimana Kami melihat Singa di Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan dan Saya menemukan ide cemerlang tentang langkah/serangan “briliant” yang dapat Saya gunakan di Tata Steel Chess Tournament 2013.

MV: Apakah Anda memiliki ketakutan jika suatu saat nanti, Anda tidak memiliki ide atau benak Anda terlalu capek berpikir (bekerja keras) memikirkan hal ini (catur) secara terus menerus?

VA: Benak Saya telah berpikir keras dalam jangka waktu yang lama. Catur memiliki banyak sekali ide. Masih terus mempesona dan mengejutkan.

MV: Apa kesalahpahaman terbesar orang terhadap pemain catur?

VA: Banyak orang percaya bahwa ingatan kami membentang luas hingga ke bidang-bidang kehidupan lain.

MV: Apakah tidak? Seperti, apakah Anda ingat terhadap hal-hal normal seperti nomor telepon, ulangtahun, dan semacamnya?

VA: Ha ha ha! Tidak mungkin. Biasanya ada pengingat dari istri.

MV: Tetapi Anda bermain 10, 20 game yang berbeda pada saat bersamaan dan masih menang. Tentu diperlukan memori yang baik untuk membantu mengingat tempat (papan) lainnya?

VA: Itu hanyalah tentang pengenalan pola. Kebanyakan orang takjub bahwa kami dapat bermain hingga 40-50 papan. Tetapi itu bagian yang paling mudah bagi seorang pecatur.

MV: Banyak orang mengatakan bahwa karakter sejati seorang olahragawan akan terungkap saat ia melangkah di lapangan. Apakah hal ini berlaku bagi pemain catur? Apakah gaya bermain Anda merefleksikan kepribadian Anda?

VA: Sudah pasti! Karakter seseorang berpengaruh terhadap gaya bermain mereka. Saya menyukai permainan yang dinamis dimana ada banyak (langkah) untuk dieksplor. Saya benci kebosanan, posisi yang membosankan akan mengurangi kegembiraan bermain catur. Saya bermain jauh lebih lambat saat ini karena kematangan dan pengetahuan membuat Anda berpikir. Tetapi Saya masih senang untuk melakukan langkah-langkah cepat.

MV: Anda saat ini berusia 45 tahun dan belum ada tanda-tanda untuk pensiun. Apakah faktor usia tidak berpengaruh dalam permainan catur? Anda mengatakan tentang kematangan. Apakah Anda merasa lebih baik di usia sekarang?

VA: Usia tidak berpengaruh, tidak sama sekali. Usia jelas sebuah faktor. Seperti yang Saya katakan, gaya Anda akan berubah seiring dengan pertambahan usia Anda.

MV: Sekitar tiga minggu lamanya, Anda seperti dikarantina bersama dengan lawan Anda selama berlangsungnya Kejuaraan Dunia. Apa yang ada di pikiran Anda ketika melihat orang di seberang Anda untuk pertama kalinya?

VA: Tidak banyak. Sebagian besar waktu, Anda hidup dalam pikiran Anda sendiri. Anda tidak melihat apa-apa lagi.

MV: Di antara langkah-langkah (catur), ketika tidak ada banyak waktu untuk memikirkan sesuatu, apakah pikiran Anda sempat “berkelana” untuk memikirkan sesuatu yang lain? Pada Kejuaraaan Dunia 2012, Anda sempat mengatakan bahwa syair anak-anak “Pat a cake, pat a cake” terus bermain di dalam kepala Anda selama tie-break?

VA: Saat ini kita semua berada di era Humpty Dumpty! Di antara langkah-langkah (catur), Anda tidak (selalu) dapat menjaga intensitas. Pikiran Anda akan berkelana. Kami biasanya bergosip selama waktu itu. Jika Anda harus tahu siapa yang terpopuler saat itu atau siapa berkencan dengan siapa, itu terjadi di antara langkah-langkah (catur).

MV: Benarkah? Bahkan Magnus Carlsen pernah mengatakan tentang adanya kegiatan kencan di antara sirkuit catur. Apakah itu nyata?

VA: Menurut saya “kencan catur” akan selalu ada. Bahkan itu telah ada sebelum Saya mulai bermain catur.

MV: Apa yang Anda lakukan untuk melepas ketegangan yang biasa menyerang pecatur, katakanlah 5 atau 10 menit sebelum pertandingan dimulai?

VA: Saya hanya mencoba untuk tetap tenang dan fokus pada pernapasan. Anda hanya membangun sebuah dinding dalam pikiran Anda dan mencoba untuk tinggal di dalamnya. Karena setelah langkah pertama dijalankan, Anda tahu pintu air telah dibuka.

MV: Apakah ada trik halus yang Anda lakukan sebelum/setelah pertandingan untuk “memprovokasi” lawan Anda?

VA: Saya rasa tidak. Saya lebih suka menata kuda Saya mengarah ke luar dan memeriksa apakah pena Saya bekerja.

MV: Selama melakukan pemeriksaan tempat sebelum pertandingan Kejuaraan Dunia berlangsung, apa saja yang Anda periksa?

VA: Aruna mengurus semua itu. Dia telah bergabung dan bertugas sejak Saya bermain di tahun 2000 sehingga Dia tahu apa yang Saya butuhkan dan apakah Saya merasa nyaman. Dia akan mengatakan kepada Saya hal-hal itu dan Saya cukup hanya berkata Ya atau Tidak.

MV: Dalam hal makanan dan minuman, apakah Anda memilki sebuah menu tetap di antara pertandingan mengingat pertandingan terakhir berlangsung beberapa jam?

VA: Ya. Umumnya itu adalah almond, teh, keju, pisang, atau sandwich.

MV: Apakah Anda juga memiliki rutinitas tetap sebelum menghadapi sebuah pertandingan besar?

VA: Sebuah pertandingan berlangsung hampir seperti sebuah jam. Anda bangun, sarapan, bekerja selama tiga jam. Makan siang, tidur, mandi, melakukan persiapan, dan bertanding. Setelah pertandingan, Saya senang untuk pergi ke gym dan berjalan-jalan lama setelah makan malam. Selama berlangsungnya turnamen, Saya senang menggabungkannya. Saya mencoba untuk berjalan-jalan di hari istirahat agar pikiran terasa segar.

MV: Apakah Anda pernah hampir berteriak keras “Oh No” selama pertandingan ketika Anda melakukan “blunder”?

VA: Beberapa kali!

MV: Lalu bagaimana Anda tetap menjaga emosi Anda?

VA: Ya, Anda tidak sepenuhnya bisa mengendalikan emosi. Selama hampir setiap pertandingan Anda memiliki beragam emosi. Itu sebabnya Saya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melupakan satu pertandingan.

MV: Ketika Anda bersosialisi dalam sebuah pesta atau acara-acara lainnya, apakah Anda secara santai bercakap-cakap tentang catur? Atau itu sesuatu yang Anda hindari?

VA: Orang cenderung bertanya banyak tentang catur. Saya menikmati hal-hal yang menyangkut matematik dan astronomi. Saya suka membaca perihal ekonomi dan politik. Saya dapat membaca sekitar 5 majalah ekonomi tanpa henti. Saya menikmati kebersamaan dengan orang yang memiliki minat lain. Itu akan memperluas cakrawala Anda. Secara umum Saya senang membaca beragam subyek.

MV: Apakah Anda mengikuti ekonom tertentu?

VA: Saya mengikuti Kenneth Rogoff, seorang pemain catur, Paul Krugman, dan Nassem Taleb.

MV: Dan di bidang politik, bagaimana kecenderungan Anda?

VA: Saya percaya kepada pihak-pihak yang melakukan apapun agar infrastuktur berada di tempat yang tepat.

MV: Apa percakapan yang paling menarik bagi Anda selama mengikuti turnamen atau saat bepergian?

VA: (Percakapan ) yang terbaik melibatkan penumpang kereta pada tahun 1991. Dia bertanya di mana Saya bekerja. Saya jawab saya bermain catur. Dia berkata,”Itu bagus, tetapi apa yang Anda lakukan?” Sekali lagi Saya berkata Saya bermain catur. Dia sedikit tersinggung dan berkata,” Apakah Anda pikir Anda Viswanathan Anand?”

Satu lagi saat di Bandara Chennai. Seseorang berlari menghampiri Saya dan berkata,”Film terakhir Anda benar-benar hebat, Pak! Peran pahlawan Anda luar biasa,” Aruna sangat ingin bertanya film yang mana. Tetapi Saya mengatakan bahwa hal itu mungkin dapat memalukan bahwa sebagai pahlawan, Saya tidak tahu film Saya sendiri!

MV: Dan pertanyaan apa yang paling mengjengkelkan saat acara konferensi pers?

VA: Seseorang pernah bertanya,”Apakah Anda tidak melihat langkah itu? Komputer menunjukkannya dalam 5 detik!”

MV: Siapa di antara lawan Anda yang paling ekspresif dan berwajah paling mirip “poker”? 

VA: Gary Kasparov adalah pecatur yang paling ekspresif. Dia akan mencoba sekeras mungkin menarik wajahnya seperti yang dia lakukan saat merencanakan langkah berikutnya. Kramnik memiliki wajah cukup mirip “poker”. Meskipun banyak yang berpikir wajah Sayalah yang paling mirip “Poker”.

MV: Siapa teman Anda di sirkuit (catur)?

VA: Kami memiliki kelompok sendiri. Saya dekat dengan Boris Gelfand dan Vladimir Kramnik karena kami cenderung membahas hal-hal yang sama, termasuk anak-anak.

MV: Apakah bakat Anda di catur akan diturunkan ke yang lainnya? Apakah Anda belum mencoba dengan anak Anda Akhil?

VA: Saya juga bermain backgammon. Dengan Akhil, ia masih terlalu muda. Terserah padanya apa yang akan ia mainkan. Meskipun ia menemukan 32 bidak yang berguna sebagai senjata untuk menyerang Saya.

MV: Anda telah melakukan perjalanan di seluru dunia untuk bertanding.  Apakah ada ritual aneh yang Anda temukan di negara-negara yang Anda kunjungi?

VA: Ya, Kami pernah memiliki cacing di Meksiko. Tidak ada sesuatu yang aneh, tapi sangat bagus untuk melihat kebiasaan di berbagai negara.

MV: Apa tiga hal yang selalu Anda bawa ketika mengikuti sebuah turnamen?

VA: Komputer, ponsel, dan berkas latihan

MV: Jika tidak (lagi) di catur, apa karir pilihan Anda selanjutnya?

VA: Saya ingin menjadi matematikawan atau astronom

==

Setelah gagal di GRENKE Chess Classic Baden-Baden Jerman, Vishy Anand akan kembali terjun di turnamen Zurich Chess Challenge 2015 di Hotel Savoy Baur en Ville Zurich, Switzerland, mulai tanggal 13-19 Pebruari 2015. Vishy Anand akan bergabung dengan lima pecatur papan atas dunia: Fabiano Caruana (2811), Vladimir Kramnik (2783), Levon Aronian (2777), Hikaru Nakamura ( 2776), dan Sergey Karjakin (2760). Juara bertahan Zurich Chess Challenge tahun lalu adalah Magnus Carlsen, yang kali ini absen.

Zurich Chess Challenge 2015 menggunakan format yang sedikit berbeda dengan turnamen lainnya. Para peserta akan memainkan tiga kategori: Catur Kilat, Catur Cepat, dan Catur Klasik. Turnamen dimulai dengan pertandingan Catur Kilat tanggal 13 Pebruari 2015 untuk menentukan pairing pemegang buah putih di Catur Klasik. Tiga peringkat teratas Catur Kilat berhak memegang tiga kali buah putih di Catur Klasik.

Babak utama Catur Klasik akan dilaksanakan tanggal 14-18 Pebruari 2015 dengan menggunakan sistem setengah kompetisi sebanyak 5 babak. Pengumpulan poin dimulai di Catur Klasik, dengan perhitungan: Menang (2), Draw (1), dan Kalah (0).

Selanjutnya peserta akan melaksanakan pertandingan Catur Cepat yang dijadwalkan dilaksanakan di hari terakhir tanggal 19 Pebruari 2015. Berbeda dengan Catur Klasik, Catur Cepat menggunakan sistem perhitungan seperti biasa: Menang (1), Draw (1/2) dan Kalah (0).

Poin di Catur Klasik dan Catur Cepat selanjutnya digabungkan untuk mendapatkan pemenang Zurich Chess Challenge 2015. Pemenang turnamen adalah peserta yang mengumpulkan poin total tertinggi antara Catur Klasik dan Catur Cepat.

Patut kita tunggu apakah Anand mampu bangkit dan memperbaiki penampilannya.

Sumber: http://www.chessbase.com, www.indianexpress.com/article/sports/sport-others/if-you-have-to-know-who-the-hottest-date-is-it-happens-in-between-moves/, www.zurich-cc.com
Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

