FIDE WOMEN’S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2015 – Irene Hadapi Salome Melia di Putaran Pertama


SOCHI-RUSIA,www.caturbandung.wordpress.com – Kota Sochi kembali menjadi pusat perhatian masyarakat catur dunia. Usai menjadi tuan rumah dwi tarung kejuaraan dunia antara Magnus Carlsen dengan Viswanathan Anand pada akhir tahun 2014, Sochi kini kembali menggelar kejuaraan dunia: FIDE Women’s World Chess Championship 2015.

Hampir seluruh pemain putri top dunia hadir dalam kejuaraan ini, kecuali sang juara bertahan Hou Yifan yang tidak bisa hadir karena alasan pribadi (Isunya Hou Yifan sudah menandatangani kontrak untuk tampil di turnamen lain). Namun Hou Yifan memiliki kesempatan untuk menantang juara dunia baru, karena Yifan adalah pemenang FIDE Grand Prix. Beberapa pemain kuat yang hadir adalah tiga mantan juara dunia GM Antoaneta Stefanova (Juara Dunia 2004-2006), GM Alexandra Kosteniuk (Juara Dunia 2008-2010), dan Anna Ushenina (Juara Dunia 2012-2013), serta pemain-pemain peringkat atas daftar rating FIDE antara lain GM Humpy Koneru (peringkat 3 dunia), GM Ju Wenjun (peringkat 5), dan GM Anna Muzychuk (peringkat 6). Hadir pula dua juara dunia yunior IM Guo Qi (Juara Dunia Yunior 2012) dan WGM Aleksandra Goryachkina (Juara Dunia Yunior 2013). Total terdapat 64 pemain dari 28 negara yang turut berpartisipasi untuk berjuang memperebutkan mahkota catur wanita dunia.

Press conference

Press-Conference FIDE Women’s World Chess Championship, Sochi-Rusia

Indonesia boleh berbangga karena dapat berpartisipasi kejuaraan dunia kali ini, dengan mengirimkan satu-satunya wakil Indonesia: IM Irene Kharisma Sukandar (2415). Irene lolos ke FIDE Women’s World Chess Championship setelah menjuarai Asia Continental 2012. Di putaran pertama Irene akan berhadapan dengan pecatur Georgia IM Salome Melia (2459), runner-up Eropa 2013. Sama seperti pecatur Eropa pada umumnya, Melia merupakan pecatur kuat yang jelas bukan lawan mudah bagi Irene. Dalam kejuaraan ini, Melia diunggulkan di tempat ke-26 sedangkan Irene berada di unggulan ke-39. Jika lolos dari Melia, Irena sudah ditunggu GM Zhao Xue (2527, peringkat 11 dunia) yang diperkirakan dapat mengalahkan WIM Marisa Zuriel (2219).

Meski berat, tentunya berbagai persiapan yang telah dilakukan Irene dapat membangun rasa percaya diri Irene. Irene juga telah lama berlatih di Rusia, sehingga adaptasi dengan tempat dan cuaca tentunya tidak akan menjadi kendala. Kita doakan saja agar Irene dapat melaju jauh dalam FIDE Women’s World Chess Championship 2015.

FIDE Women’s World Chess Championship berlangsung tanggal 17 Maret hingga 7 April 2015, dengan format turnamen menggunakan sistem gugur. Masing-masing pemain akan bermain dua kali catur standar di setiap putaran (bergantian memegang buah Putih dan Hitam), mulai putaran pertama hingga semifinal. Selanjutnya dua pemain yang lolos ke partai final akan bermain sebanyak 4 kali (di luar tie-break). Kontrol waktu catur standar yang digunakan adalah 40 langkah dalam 90 menit dan 30 menit berikutnya untuk menyelesaikan permainan, dengan tambahan waktu 30 detik per langkah mulai dari langkah pertama.

Jika pertandingan catur standar berakhir imbang 1-1, maka pemenang akan ditentukan melalui tie-break. Tie-break pertama adalah dua pertandingan catur cepat 25 menit + increment 10 detik. Jika skor masih imbang, dilanjutkan tie-break kedua berupa dua pertandingan dengan kontrol waktu 10 menit + increment 10 detik. Jika tie-break kedua inipun belum mendapatkan pemenang, maka pertandingan dilanjutkan dengan catur kilat 5 menit + increment 3 detik. Jika hasilnya masih imbang juga, maka pemenang ditentukan melalui satu pertandingan sudden death (lebih dikenal dengan Armageddon Chess Game):  pemegang buah Putih diberi kontrol waktu 5 menit sedangkan Hitam 4 menit. Apabila pertandingan berakhir imbang, maka Hitam dinyatakan sebagai pemenang.

Jadwal pertandingan: Putaran 1, 17-19 Maret; Putaran 2: 20-22 Maret; Putaran 3: 23-25 Maret; Quarter-final: 26-28 Maret; Semi-final: 29-31 Maret; dan Final: 2-5 April.

Sumber: http://www.sochi2015.fide.com, http://www.chessbase.com
Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: