Dewi AA Citra Kuasai Liga Catur Bintang Muda Chess Club Putaran Ke-5


Liga Catur BMCC Putaran V

BANDUNG, http://www.caturbadung.wordpress.com – Pecatur putri anggota Tim Catur Olimpiade Indonesia Dewi AA Citra menguasai putaran ke-5 Liga Catur Bintang Muda Chess Club yang dilaksanakan di Wisma Catur KONI Jawa Barat hari Minggu 17 Mei 2015. Dari enam babak catur cepat 25 menit, Dewi tampil perkasa dengan menyapu bersih seluruh babak dengan kemenangan. Dewi-pun bertengger di puncak klasemen dengan poin 6,0/6, unggul 1 poin penuh dari peringkat di bawahnya.

Putaran V - Bbk 4

WFM Dewi AA Citra tampil perkasa dengan meraih poin 6,0/6 di Liga Catur BMCC Putaran V, Minggu 17 Mei 2015

Liga catur Bintang Muda Chess Club (BMCC) merupakan liga catur bulanan yang diprakarsai oleh Bapak Walmen Silaen bekerja sama dengan Percasi Jabar. Liga catur ini digulirkan karena adanya keresahan di kalangan pecatur Jabar, khususnya kota Bandung, atas vakumnya kegiatan dan turnamen catur di kota Bandung. Banyaknya konflik-konflik internal di Percasi Jabar ditengarai menjadi penyebab utama terganggunya roda organisasi Percasi Jabar yang berakibat pada mandeknya proses pembinaan atlet catur Jabar dan kota Bandung, khususnya atlet-atlet yunior.

Seperti dikatakan oleh Ketua Pelaksana Pertandingan FM Aris Tumpak Sinurat, tujuan utama liga catur BMCC adalah sebagai ajang pembinaan atlet-atlet yunior kota Bandung dan Jabar melalui sebuah kompetisi yang berkesinambungan. Liga BMCC diharapkan dapat menjadi wadah bagi atlet-atlet yunior untuk meningkatkan kemampuan dan mental, terutama saat berhadapan dengan pemain-pemain senior.

Putaran V

Suasana pertandingan Liga Catur Bintang Muda Chess Club Percasi Jabar

Liga catur BMCC sampai dengan saat ini telah berlangsung sebanyak 5 putaran, sejak bergulir pertama kali pada bulan Januari 2015, dan dijadwalkan berlangsung pada minggu kedua setiap bulannya, Karena bertujuan sebagai ajang pembinaan atlet yunior, maka prioritas peserta turnamen adalah atlet-atlet yunior. Meski demikian panitia tetap mengikutsertakan atlet-atlet senior dan karena bersifat terbuka terdapat beberapa pecatur FM/WFM dan MN yang ikut serta, diantaranya adalah FM Deni Sonjaya (2306), WFM Dewi AA Citra (2111), WFM Dita Karenza (1931), MN Eri Purnama, dll. Cukup banyak pecatur yang berminat ikut serta dalam liga catur BMCC, namun karena keterbatasan tempat panitia terpaksa membatasi jumlah peserta.

Pairing Manual

Pairing terpaksa ditulis secara manual karena ketiadaan printer

Meski dengan fasilitas seadanya, seluruh peserta sangat antusias dalam menyelesaikan pertandingan dan tidak ada kursi yang kosong sampai selesainya babak terakhir. Adanya doorprize yang disediakan panitia, meski nominalnya kecil, membuat peserta tetap bertahan dan menyelesaikan seluruh babak yang dimainkan.

Klasemen Akhir Liga BMCC Putaran 5 – Top 10

Klasemen Top 10

Semoga liga catur BMCC dapat berlangsung secara kontinyu dan dapat menjadi katalisator terselenggaranya turnamen-turnamen catur lainnya di kota Bandung. Kalau bukan kita, Siapa lagi. Kalau tidak sekarang, Kapan lagi!

Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: