IM Ivan Situru Juara OPEN CHESS TOURNAMENT JACC TOUR BANDUNG


JACC Tour Bdg

BANDUNG, www,caturbandung,wordpress.com – Master Internasional Ivan Situru merebut juara pertama Open Chess Tournament Jabodetabek Association Chess Club (JACC) Tour Bandung, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2015. IM Ivan Situru keluar sebagai juara pertama setelah mengumpulkan poin 7,0 dari 8 babak yang dimainkan. Ivan Situru berhasil merebut hadiah pertama sebesar Rp 2,5 Juta.

Dalam klasemen akhir, terdapat lima pemain yang memiliki poin sama 7,0/8 dan menempati peringkat 1-5. Selain Ivan Situru, pemain lainnya adalah Hamdan, FM Hamdani Rudin, NM Gelar Sagara, dan NM Jajang Nurjaman. Namun berdasarkan hasil tie-break, Ivan Situru berhak menempati peringkat pertama. Duduk di peringkat dua adalah pecatur non-master Hamdan, sedangkan peringkat ketiga direbut oleh Hamdani Rudin.

Top 25

Top 25 JACC Tour Bandung

Open Chess Tournamen JACC Tour Bandung dilaksanakan di Metro Indah Mall Jl. Soekarno-Hatta Bandung dan diikuti oleh 188 peserta dengan 23 diantaranya bergelar Master: 1 GM, 4 IM, 6 FM, 2 WFM, dan 10 NM. Turnamen dilaksanakan menggunakan format catur cepat 2o menit sistem swiss 8 babak.

JACC-1 JACC-3

Selain diikuti oleh beberapa master internasional, Open Chess Tournament JACC Tour Bandung juga diikuti oleh beberapa atlet catur penyandang cacat termasuk diantaranya adalah atlet catur tuna netra. Di antara atlet-atlet penyandang cacat tersebut, terdapat salah satu atlet tuna netra yang menarik perhatian. Mengapa? Karena atlet tuna netra ini bertanding menggunakan papan catur normal, bukan papan catur khusus atlet catur tuna netra!

Papan catur khusus atlet tuna netra biasanya memiliki tanda khusus dan terdapat lubang di setiap petak untuk menempatkan buah-buah catur. Mereka memindahkan buah-buah catur dengan menempatkannya di lubang-lubang tersebut. Namun di antara beberapa peserta tuna netra tersebut, ada satu peserta tuna netra yang tidak menggunakan papan catur khusus dan memilih menggunakan papan catur standar. Berbeda dengan temannya yang tetap menggunakan papan catur khusus.

JACC-6 JACC-4

Peserta yang memakai kaos garis putih-biru, yang tangannya berada di atas papan sedang meraba-raba bidak catur, adalah peserta tuna netra yang bertanding dengan menggunakan peralatan catur normal (sebelahnya adalah rekan sesama pecatur tuna netra yang menggunakan papan catur khusus). Menggunakan daya ingatnya yang luar biasa, Bapak ini mampu mengingat setiap langkah, baik yang beliau maupun lawan mainkan, dan menempatkan setiap buah catur secara tepat di petak-petak yang ada.

Kemampuannya pun termasuk luar biasa. Bertanding melawan pecatur normal, beliau mampu mengumpulkan poin 5,0 dari 8 babak yang dimainkan dan menempati peringkat ke-55. Inilah yang menjadi daya tarik sehingga banyak penonton yang ramai berkerumun di sekitar mejanya!

Sumber: http://www.chess-results.com
Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: