PEDOMAN PELAKSANAAN O2SN CATUR TAHUN 2016 – PB PERCASI


Bandung,www.caturbandung.wordpress.com – Perubahan peraturan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2016, khususnya untuk olahraga catur, rupanya membuat kebingungan bagi sebagian besar panitia pelaksana di daerah. Panitia pelaksanan daerah tampak tidak siap dengan perubahan besar yang membolehkan pecatur yunior bergelar Master untuk ikut serta dalam O2SN Catur tahun 2016. Imbasnya adalah pelaksanaan O2SN Catur tingkat kecamatan/kota tidak melibatkan siswa yang sudah bergelar Master.
Ketidaksiapan panitia daerah sebenarnya dapat dimaklumi karena pedoman pelaksanaan O2SN sendiri sepertinya terlambat disosialisasikan ke daerah sehingga panitia pelaksana masih menggunakan pedoman O2SN tahun sebelumnya. Menyadari hal ini, PB PERCASI telah mengeluarkan pedoman baru terkait dengan pelaksanaan O2SN Catur tahun 2016. Berikut ini pedoman yang telah dikeluarkan PB PERCASI:
  • Terima kasih untuk banyaknya tanggapan yang masuk melalui e-mail pb.percasi@gmail.com maupun melalui telepon (sms & whatsapp) mengenai sedikit perubahan regulasi O2SN, yang mana pecatur junior bergelar Master Nasional (MN/MNW) dan Master Percasi (MP/MPW) boleh mengikuti O2SN Tahun 2016. Rata-rata pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana kalau O2SN telah dilaksanakan di satu tingkatan dengan peraturan/regulasi masih menggunakan peraturan/regulasi lama dimana pecatur junior bergelar MN/MNW/MP/MPW tidak boleh ikut bertanding?
  • Juga dikarenakan pedoman jadwal yang termuat di www.pbpercasi.com terlambat diterima para pelaksana di tingkat sekolah dan tingkat kecamatan, selain pedoman jadwal tersebut (foto di bawah ini) di beberapa sekolah/kecamatan berbenturan dengan kegiatan yang lain.
Memang perlu diperjelas lagi bahwa jadwal pelaksanaan O2SN di semua tingkatan tersebut (foto di atas) adalah merupakan PEDOMAN bukan KEHARUSAN, dengan catatan:
1. Pedoman jadwal tersebut tidak mengikat, bisa disesuaikan dengan jadwal luang di semua tingkatan pelaksanaan O2SN tahun 2016.
2. Bila pelaksanaan O2SN di tingkat Sekolah, Kecamatan dan bahkan di tingkat Kabupaten/Kota sudah berlangsung, maka sedikit perubahan pada regulasi dimana pecatur junior bergelar MN/MNW/MP/MPW boleh ikut bertanding, bisa diabaikan untuk Pelaksanaan O2SN di tahun 2016 ini, dan akan diberlakukan seragam mulai tahun 2017.
Namun bila O2SN 2016 belum dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi, berikut pedoman pelaksanaannya:
1. Untuk pelaksanaan O2SN 2016 Catur di tingkat Kabupaten/Kota bila belum dilaksanakan adalah: mempertemukan/menyeleksi/mempertandingkan Para Juara O2SN tingkat Kecamatan dengan Para Pecatur Junior bergelar MN/MNW atau MP/MPW (sesuai batasan tingkat sekolahnya: SD – SMP – SMA) yang berada atau berdomisili di Kabupaten/Kota tersebut, sehingga selanjutnya akan diperoleh SATU JUARA O2SN yang benar-benar layak mewakili Kabupaten/Kota ke tingkat Provinsi.
2. Untuk pelaksanaan O2SN 2016 Catur di tingkat Provinsi bila belum dilaksanakan adalah: mempertemukan/menyeleksi/mempertandingkan Para Juara O2SN tingkat Kabupaten/Kota dengan Para Pecatur Junior bergelar MN/MNW atau MP/MPW (sesuai batasan tingkat sekolahnya: SD – SMP – SMA) yang berada atau berdomisili di Provinsi tersebut, sehingga selanjutnya akan diperoleh SATU JUARA O2SN yang benar-benar layak mewakili Provinsi ke tingkat Nasional.
3. Sangat diharapkan jajaran kepengurusan PERCASI di tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi proaktif berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi agar terjalin komunikasi yang semakin sinergi, terlebih mengingat bahwa Catur termasuk salah satu dari ‘sedikit’ cabang olahraga yang terpilih dipertandingkan secara rutin pada O2SN selama 11 tahun terakhir ini (semenjak tahun 2005).
Bagi adik-adik pelajar di seluruh Indonesia yang bergelar MN/MNW/MP/MPW yang sempat dilarang ikut bertanding/seleksi di satu tingkatan, silakan menghubungi kepengurusan PERCASI satu tingkat di atasnya (misal dilarang ikut bertanding di tingkat Kabupaten/Kota silakan menghubungi Pengurus PERCASI tingkat Provinsi) agar diperoleh solusi yang memuaskan.
Demikian pedoman pelaksanaan O2SN Tahun 2016 untuk cabang olahraga Catur yang telah ditentukan oleh PB PERCASI, dengan harapan mulai O2SN Tahun 2016 ini diperoleh Juara yang benar-benar berkualitas. Gens Una Sumus. Salam Olahraga. Jaya!
Sumber: PB PERCASI
Gens Una Sumus

About caturbandung
Saya bukanlah pecatur dan saya tidak paham tentang catur. Saya hanya orang tua dari salah seorang pecatur yunior kota Bandung yang ingin membagi informasi seputar olahraga catur. Mudah-mudahan bermanfaat.

8 Responses to PEDOMAN PELAKSANAAN O2SN CATUR TAHUN 2016 – PB PERCASI

  1. Mr X says:

    percasi tidak konsisten!!!!! o2sn itu amatir, master itu profesional jadi beda leve!!!!!! sebelumnya umur peserta juga tidak konsisten dari sd ke smp berbeda. Coba ganti pengurusnya!!!!!!

    • caturbandung says:

      Secara kualtias sebenarnya peserta O2SN dan master seimbang, karena peserta O2SN juga merupakan pecatur-pecatur andalah masing-masing daerah di setiap pelaksanaan Kejurnas. Peraturan lama yang tidak membolehkan master untuk ikut serta itu yang sebenarnya perlu dipertanyakan, karena master yunior-pun juga masih aktif sebagai siswa. Itu menggambarkan betapa tidak sinkronnya dukungan prestasi antara sekolah dengan induk olahraga.

  2. Larry Edith says:

    Panitia o2sn kota bandung hingga saat ini masih belum memperbolehkan putri saya Samantha edithso mpw untuk ikut di seleksi dg alasan masih belum ada juklaknya dari depdikbid.

    • caturbandung says:

      Betul Bu Larry, karena mungkin pedoman atau petunjuk pelaksanaan terlambat diterima oleh panitia O2SN di setiap kota. Karena itu PB Percasi dalam juklaknya mengatakan jika seleksi tingkat kota sudah terlanjur dilaksanakan, maka pada saat seleksi tingkat propinsi pesertanya adalah juara O2SN tiap kota + master yunior. Hal ini yang mungkin perlu diklarifikasi ke Depdikbud Tingkat Propinsi.

  3. Darmansyah says:

    Mempertemukan Juara 02SN dgn Master Junior memang tdk pas, karena jelas kemampuan & kualitas mereka berbeda. Yg bergelar Master jelas sudah berpengalaman karena ikut berbagai kejuaraan, sedangkan yg Juara 02SN belum tentu ikut di turnamen2 catur. Tapi dgn tdk memperbolehkan yg bergelar Master ikut bertanding juga tidak adil karena ini akan menghambat perkembangan prestasinya. Solusi kami, yg bergelar Master itu diikutkan sama dgn Juara 02SN sebagai perwakilan kabupaten/kota. Ditingkat provinsi nanti yg bergelar Master dipertemukan dgn yg bergelar Master, sedangkan Juara 02SN sama dgn Juara 02SN. Kalaupun nanti mau dicari yg terbaik, pertemukanlah Juara 02SN Nasional dgn Master Nasional, jadi mereka bertemu setelah jadi JUARA NASIONAL..Dengan begitu semua punya kesempatan untuk maju…

    • caturbandung says:

      Setuju Pak Darmansyah! Bagaimanapun bentuk pertandingannya, siswa yang bergelar Master berhak untuk mengikuti setiap kegiatan yang diadakan sekolah maupun Diknas. Master yunior berhak untuk ikut O2SN, bersama dengan wakil tingkat Kabupaten/Kota. Kemampuan Master dan non-Master sebenarnya secara teknis seimbang, karena pemain catur O2SN dan Kejurnas biasanya ya itu-itu juga. Bahkan pemain Master-pun sering kalah dengan pemain non-Master, pada saat Turnamen, Kejurda ataupun Kejurnas. Kalau ditanyakan ke Diknas, kenapa tidak mengirimkan juga siswa yang bergelar non-Master, alasannya klasik, hanya bisa mengirimkan satu wakil. Padahal solusinya gampang, misalkan diperbolehkan berangkat asalkan dengan dana dari sekolah masing-masing atau dari orang tua.

      Namun demikian, kebijakan Master yunior untuk boleh ikut O2SN memang berbeda setiap Kabupaten/Kota. Ada Kabupaten/Kota yang membolehkan Master yunior ikut, ada yang tidak boleh. Semoga ke depannya catur Indonesia dan pelaksanaan O2SN khususnya menjadi lebih baik. Gens Una Sumus

  4. Herman Suherman says:

    Kenapa hasil catur o2sn jabar 2016 tidak di muat beritanya, juga ke situs chessresult.com o2sn propinsi lain update beritanya yang jabar tidak ada.

    • caturbandung says:

      Coba tanyakan langsung ke panitianya Pak Herman, karena mereka yang memiliki otoritas utk mengupdate hasilnya di chess-results.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: